Lihat ke Halaman Asli

Syahrial

TERVERIFIKASI

Guru Madya

Menjaga Asa Siswa dengan Kebutuhan Khusus

Diperbarui: 27 Maret 2023   08:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Anak berkebutuhan khusus belajar berhitung di Amanda Learning Center, Karawang, Jawa Barat. Sumber foto : kompas.id

"Kita semua berbeda, namun hak kita untuk belajar dan berkembang tidak boleh dipisahkan."

Pendidikan merupakan faktor penting dalam membentuk masa depan seseorang. Setiap anak memiliki keunikan dan kemampuan belajar yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting untuk memahami bahwa setiap anak memiliki kebutuhan khusus dan tantangan belajar yang mungkin perlu mendapat perhatian khusus.

Salah satu tantangan yang sering dihadapi oleh guru adalah siswa yang kesulitan mengikuti instruksinya saat belajar. Namun, perlu diingat bahwa kesulitan ini tidak selalu menunjukkan bahwa anak tersebut memiliki IQ rendah atau kecerdasan yang lebih rendah dari rata-rata anak pada umumnya. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan seorang anak dalam mengikuti instruksi guru, seperti gaya belajar, lingkungan belajar, faktor psikologis, dan faktor fisik.

Maka dari itu, penting bagi para orang tua dan guru untuk memperhatikan dan mengidentifikasi kemampuan dan kebutuhan anak secara individual, serta memberikan dukungan dan sumber daya yang diperlukan untuk membantu mereka tumbuh dan berkembang secara optimal.

Pada kenyataannya, mengidentifikasi kategori siswa yang memiliki kebutuhan khusus atau tantangan belajar memang tidak selalu mudah. Namun, ada beberapa orang yang dapat membantu dalam mengidentifikasi masalah tersebut, di antaranya adalah guru, konselor sekolah, tim multidisiplin, dan orang tua.

Guru adalah orang pertama yang dapat mengidentifikasi masalah dan kebutuhan belajar siswa di dalam kelas. Mereka dapat memperhatikan perilaku siswa, kemampuan akademik, dan kemampuan sosial-emosional siswa untuk mengetahui apakah ada siswa yang memiliki kebutuhan khusus atau tantangan belajar.

Konselor sekolah dapat membantu dalam mengidentifikasi kebutuhan khusus siswa terkait dengan masalah psikologis atau sosial-emosional yang mempengaruhi kemampuan belajar siswa. Tim multidisiplin yang terdiri dari tenaga ahli seperti psikolog, dokter, terapis fisik, dan terapis lainnya dapat membantu dalam mengidentifikasi kebutuhan khusus siswa berdasarkan evaluasi medis dan psikologis.

Orang tua juga dapat membantu dalam mengidentifikasi kebutuhan khusus atau tantangan belajar anak mereka. Orang tua dapat memperhatikan perilaku anak mereka di rumah dan mencari bantuan dari tenaga medis atau psikolog jika diperlukan.

Penting untuk bekerja sama antara guru, konselor sekolah, dan orang tua untuk mengidentifikasi kebutuhan khusus siswa dan menyediakan dukungan yang diperlukan untuk membantu siswa tumbuh dan berkembang secara optimal.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline