"Pembelajaran aktif dan kreatif untuk kemajuan pendidikan"
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap kemajuan dan perkembangan suatu negara. Salah satu aspek yang penting dalam pendidikan adalah pembelajaran yang efektif dan efisien. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan strategi dan pendekatan yang tepat dalam pembelajaran.
Guru memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap suasana kelas selama proses pembelajaran. Salah satu ekspektasi yang diharapkan oleh guru adalah terciptanya suasana kelas yang tertib. Dalam suasana yang tertib, siswa dapat belajar dengan lebih efektif karena tidak ada gangguan yang mengganggu konsentrasi. Oleh karena itu, guru memiliki tanggung jawab untuk menciptakan suasana yang kondusif dalam kelas agar siswa dapat belajar secara maksimal.
Selain suasana kelas yang tertib, guru juga mengharapkan suasana kelas yang nyaman. Suasana yang nyaman akan membuat siswa merasa lebih rileks dan mudah beradaptasi dalam pembelajaran. Siswa akan lebih mudah berpartisipasi aktif dalam pembelajaran karena merasa nyaman dengan lingkungan sekitarnya.
Dengan begitu, guru dapat dengan mudah mengintegrasikan metode pembelajaran yang berbeda dan melibatkan siswa dalam kegiatan kelas. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk menciptakan suasana kelas yang nyaman bagi siswa sehingga mereka dapat terlibat aktif dalam pembelajaran dan mencapai hasil yang lebih baik.
Sebagai seorang pendidik, guru memiliki harapan yang tinggi terhadap kemampuan siswanya dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Salah satu momen penting yang menentukan tingkat pemahaman siswa adalah saat dilakukan pengukuran daya serap. Pada saat itu, guru berharap agar seluruh siswa mampu menjawab semua pertanyaan dengan tepat dari awal hingga akhir waktu pembelajaran.
Dengan demikian, guru akan mendapatkan gambaran yang jelas tentang kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran yang diajarkan. Dengan mengetahui tingkat pemahaman siswa, guru dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk memperbaiki metode pengajaran dan memastikan bahwa semua siswa dapat mengikuti dengan baik.
Namun, terkadang harapan tersebut tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi di kelas. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa di kelas. Misalnya, metode pengajaran yang kurang efektif, ketidakmampuan guru dalam menghadapi berbagai jenis siswa, atau kurangnya dukungan dari lingkungan sekitar.
Metode pengajaran yang kurang efektif dapat menjadi penyebab aktivitas dan hasil belajar siswa yang rendah. Sebagai seorang guru, sangat penting untuk memilih metode pengajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik siswa. Jika metode pengajaran tidak efektif, siswa mungkin merasa bosan dan tidak tertarik untuk belajar.
Untuk mengatasi hal tersebut di atas diperlukan strategi yang tepat. Salah satu strategi yang efektif dan efisien dalam pembelajaran adalah pendekatan "WINNER", yang merupakan akronim Window Shopping Diintegrasikan Media Poster. Pendekatan ini menggabungkan dua elemen penting dalam pemasaran, yaitu penggunaan jendela toko (window shopping) dan media poster yang diintegrasikan untuk menciptakan pengalaman belajar yang unik dan menarik bagi siswa.