Lihat ke Halaman Asli

Syahputri Maharani Bachri

Mahasiswi Komunikasi Penyiaran Islam UMJ

Mencari Keberkahan Dalam Al-Qur'an

Diperbarui: 29 Desember 2023   08:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Pexels.com

Al-Qur'an merupakan kumpulan wahyu yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW, sebuah kitab yang diberkahi dan mengandung berkah.

Jika kita mencari keberkahan, salah satunya kita bisa mencarinya dalam Al-Qur'an. Sebab Allah menurunkannya sebagai  petunjuk bagi kehidupan manusia, di dalamnya terdapat berbagai ilmu untuk kebahagiaan dunia dan akhirat.

Al-Qur'an menyimpan banyak kebaikan dan kebenaran, dengan kita mempelajari Al-Qur'an kita bisa memilih atau menempuh jalan kebenaran, dimana jalan kebenaran itu memberkahi setiap langkah kita dan kehidupan dunia dan akhirat.

Al-Qur'an juga sebagai pembeda dan petunjuk, mana yang halal dan haram, haq dan bathil. Jika seseorang mempelajari isi Al-Qur'an, ia akan tahu tentang sesuatu yang bathil dan haram yang dapat merugikan dan mencelakakan dirinya, begitupun sebaliknya.

Allah berfirman dalam Al-Qur'an :

"(beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan penjelasan mengenai petunjuk dan pembeda (antara haq dan bathil)" Q.S ( Al baqarah 185)

Selain sebagai pembeda Al-Qur'an juga sebagai petunjuk yang mengantarkan kebaikan dan kebahagiaan dunia dan akhirat. Maka ini merupakan alasan kenapa Al-Qur'an menyimpan banyak berkah dan memberkahi orang orang yang mengamalkannya.

"(Al-Qur'an) ini adalah penerangan bagi seluruh manuisa, dan petunjuk serta pelajaran bagi orang orang yang bertakwa" Q.S (Ali imran 138)

Allah telah menaruh semua penjelasan dan perintah di dalam Al-Qur'an, dan semua yang ada di dalam Al-Qur'an adalah kebenaran dan akan terjadi. Sudah banyak kejadian kejadian yang Allah sebutkan dalam Al-Qur'an dan itu sudah terjadi di dunia.

Al-Qur'an juga sebagai penyembuh.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline