Lihat ke Halaman Asli

Syahputri Maharani Bachri

Mahasiswi Komunikasi Penyiaran Islam UMJ

Yuk Persiapkan Tujuan Hidup

Diperbarui: 23 November 2023   19:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber : pexels.id

Halo sobat pembaca, kirakira apasih tujuan hidup kamu?

Hayoo kira kira sudah punya jawabannya atau masih bingung nih?

Btw, menetapkan tujuan dalam menjalani hidup sangat penting loh..

Kenapa? Karena, keterampilan utama kesuksesan adalah kemampuan menetapkan tujuan.

Setiap orang lahir kedunia ini dengan potensi yang luar biasa, namun tidak semua orang mampu menggali dan menggunakan potensi tersebut dan mengarahkannya menuju tujuan yang jelas, setiap orang sukses sangat berorientasi pada tujuan, sehingga tahu apa yang diinginkan dan fokus untuk mencapai setiap harinya.

Penetapan tujuan sangatlah penting, tapi masih sedikit orang yang menetapkan tujuan yang jelas, tertulis, dan terukur, Tanpa tujuan, kita akan sekadar ikut arus hidup sedangkan dengan punya tujuan yang jelas kita dapat mengontrol arah perubahan hidup, memastikan bahwa perubahan dalam hidup sebagaian besar ditentukan dan diarahkan oleh diri sendiri, dan menanamkan makna dan tujuan pada segala sesuatu yang dilakukan.

Berikut ada beberapa penyebab alasan orang tidak mempunyai tujuan :

  • Menganggap tujaun tidak penting

Gak sadar akan pentingnya tujuan, karena tumbuh di lingkungan uang tidak punya tujuan, bersosialisasi dengan kelompok yang gak pernah mendiskusikan tentang tujuan, sehingga tumbuh tanpa mengetahui kalau mengatur dan mencapai tujuan akan lebih berpengaruh pada hidup kedepannya.

  • Tidak tahu caranya mengatur tujuan

Ada beberapa orang yang tidak tahu bagaimana cara mengatur tujaun dan cenderung tidak memikirkan masa depan, banyak orang orang yang hanya bisa memiliki keinginan seperti " yang penting kerja hasilin banyak uang". Itu bukan tujuan, itu hanya sebuah gambaran sekilas yang umum di lakukan, dengan adanya tujuan kita lebih mengetahui secara spesifik ukuran atau pencapaian yang telah di hasilkan.

  • Ketakutan akan penolakan

Alasan gak pernah menetapkan tujuan karena takut akan kegagalan dan penolakan, takut akan kritikan dan ejekan orang lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline