Lihat ke Halaman Asli

Syahla Fadhilah Bin Smeer

Medical Laboratory Technology Student (Airlangga University)

Formula E yang Mendunia

Diperbarui: 11 Juni 2022   21:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Balap. Sumber ilustrasi: PEXELS/Pedro Sandrini

Formula E adalah sebuah kejuaraan olahraga otomotif mobil kursi tunggal yang menggunakan mobil listrik. Sejak tahun 2020-2021, Formula E merupakan seri Kejuaraan Dunia FIA (Federasi Otomotif Internasional), yang membuat seri balapan kursi tunggal ini seri pertama selain Formula Satu yang diberikan status kejuaraan dunia.

Bulan Juni adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh penggemar balap Formula E, karena pada tanggal 4 Juni 2022 diadakan lomba balap Formula E di Ancol Jakarta yang diikuti peserta dari manca Negara. Untuk menyemarakkan kegiatan Formula E di Ancol, Pemprov DKI juga mengadakan bazar yang diikuti oleh UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang berasal dari Jakarta dan Wilayah Indonesia lainnya selain itu ada juga panggung hiburan yang diisi oleh artis papan atas.


Dengan suksesnya diadakan lomba balap Formula E dapat mengangkat nama Indonesia dikancah Internasional. Meskipun persiapannya singkat tetapi hasilnya memuaskan pemain dan penonton yang ada di sirkuit. Pembuatan sirkuit dikerjakan oleh pekerja dari Indonesia sendiri tanpa mendatangkan tenaga kerja asing. Ini membuktikan bahwa Indonesia mempunyai tenaga ahli dan tenaga kerja yang mumpuni dibidangnya.

Dalam ajang Formula E ini sirkuit yang digunakan termasuk medan yang sulit dikarenakan ada beberapa tikungan tajam yang sangat menantang bagi para pembalap manca Negara yang mengikuti balapan tersebut.

Kejuaraan Formula E adalah kejuaraan yang diadakan ke 8 di Jakarta atas inisiator Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang disponsori oleh 30 Perusahaan Swasta. Dalam kejuaraan ini Ahmad Sahroni ditunjuk sebagai Ketua Pelaksana Formula E di Jakarta. Kejuaraan ini juga dihadiri oleh bapak Presiden dan jajaran pemerintahan.


Akhirnya kejuaraan yang ditunggu-tunggu meraih kesuksesan sesuai yang diharapkan oleh para penyelenggara dan yang ikut berpartisipasi dalam ajang perlombaan Formula E di Ancol Jakarta.

DAFTAR PUSTAKA

Politik, Jurnal. " BERITA POPULER -- ANIES SUKSES FORMULA E, KETUA MPR & PRESIDEN PUJI ANIES, MINTA SIRKUIT DIPATENKAN" Youtube, diunggah oleh Jurnal Politik, 5 Juni 2022, https://www.youtube.com/watch?v=n6hdl5lPaS0

Akew, Idad. "Penonton Gak Langsung Pulang, Ini Fasilitas Mewah Formula E" Youtube, diunggah oleh Idad Akew, 5 Juni 2022, https://www.youtube.com/watch?v=DjV49FhGaPw




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline