Lihat ke Halaman Asli

Syahirul Alim

TERVERIFIKASI

Penulis Lepas, Penceramah, dan Akademisi

Membaca Tipologi Pemilih di Pilkada Jakarta

Diperbarui: 26 September 2016   07:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

DOK. KOMPAS.COM Tiga pasang calon gubernur dan wakil gubernur yang akan bertarung dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Dari kiri ke kanan: Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saeful Hidayat, Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Peta politik perhelatan kontestasi di Pilkada Jakarta 2017 setelah melihat konstelasi kekinian memperlihatkan potret tipologi pemilih yang akan lebih sulit diprediksi. Paling tidak, para pemilih cenderung terbagi kedalam beberapa tipologi yang terpengaruh oleh banyak faktor, bisa kedekatan emosi, ideologi, atau ketertarikan terhadap program kerja. 

Dalam sebuah kontestasi dengan banyak kontestan yang dipilih, publik pemilih pada umumnya cenderung lebih tertarik kepada kontestan berdasarkan kedekatan (proximity) yang dianggap memiliki kesamaan serta kedekatan sistem nilai dan keyakinan. Unsur “kedekatan” yang ada dalam setiap individu pemilih di Jakarta dengan para kontestannya akan menentukan pada akhirnya kepada siapa para pemilih di Pilkada Jakarta akan menentukan pilihan politiknya. Kedekatan-kedekatan yang dimaksud bisa saja berasal dari tipologi pemilih rasional dan sekaligus juga non-rasional.

Para kontestan politik dalam Pilkada Jakarta yang terdiri dari tiga pasangan calon, masing-masing mengklaim memiliki pemilih atau pendukung dengan unsur ketertarikan kepada masing-masing kontestan berdasarkan kedekatan. Karena secara psikologis, perilaku pemilih akan ditentukan pilihannya berdasarkan kesamaan (similiarity) dan daya tarik (attraction) kepada setiap kontestan yang ada. Calon gubernur petahana Ahok-Djarot, misalnya pasti telah memiliki data soal siapa pemilih mereka, begitu juga pasangan Anis-Sandi dan Agus-Sylvia.

Untuk pasangan cagub-cawagub  yang disebut terakhir ini terlihat lebih banyak mengandalkan kekuatan “daya tarik” karena memang mereka merupakan wajah baru dalam dunia politik. Daya tarik para pemilih kepada pasangan yang disebut terakhir ini kemungkinan besar karena ketokohan SBY, di mana Agus memang anak sulung dari Ketua Umum Partai Demokrat yang menjadi pengusung utama kontestan. 

Nampaknya, perjuangan politik yang ekstra berat harus dilakukan oleh kontestan politik dukungan Demokrat, PAN, PKB dan PPP ini agar mampu secara cepat meraup pemilih tidak hanya berdasarkan daya tariknya, tetapi didasarkan atas kesamaan terhadap setiap problem solving yang ada di masyarakat.

Petahana Ahok-Djarot lebih merepresentasikan aspek rasionalitas yang ada dalam setiap individu pemilihnya, karena pada umumnya ketika dihubungkan dengan orientasi politik para pendukungnya cenderung mendasarkan mereka pada kesamaan dalam hal pemecahan masalah (problem solving). Kita tahu, bahwa sebagian besar para pendukung Ahok lebih tertarik kepada cara-cara dirinya dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di Ibu Kota. 

Penyelesaian kasus-kasus korupsi, birokrasi, banjir, kemacetan, ketertiban dan berbagai aspek penyelesaian masalah sosial di Jakarta relatif memiliki kesamaan dengan apa yang diinginkan oleh mereka yang saat ini menjadi pendukungnya. Walau demikian, terkadang aspek non-rasional juga bisa masuk dalam tipologi pemilih Ahok-Djarot, karena setiap keputusan politik tidak akan seluruhnya berdasar murni rasionalitas, sebab alasan-alasan non logis seperti emosi, keyakinan atau ideologi juga bisa berpengaruh dalam diri individu pemilih. Hanya saja, mungkin kadar rasionalitasnya bisa lebih tinggi dibanding non-logisnya.

Rasionalitas dalam dunia politik juga didukung oleh adanya kalkulasi, statistik, probabilitas atau bahkan model game theory dalam segala hal yang berhubungan dengan pengambilan keputusan politik. Kita bisa lebih banyak melihat, bagaimana sudah sejak awal, petahana bermain “game” dengan isu-isu elektabilitas atau popularitas yang kemudian banyak dilansir oleh media. 

Kondisi ini dalam banyak hal tentu akan berpengaruh terhadap segmentasi pemilih berdasarkan kecenderungan rasional. Kecenderungan rasionalitas seperti ini jelas akan membentuk individu pemilih yang kritis, penuh perhitungan dan cenderung berupaya memaksimalkan setiap utilitas. Jadi, pemilih rasional umumnya mampu memaksimalkan keuntungan dengan menekan biaya (cost) politik. 

Dukungan kekuatan politik Ahok-Djarot yang direpresentasikan melalui PDI-P, Golkar, Nasdem dan Hanura yang dijadikan basis pemilihnya, termasuk bagian dari upaya politik dalam memaksimalkan keuntungan dan sekaligus penekanan terhadap biaya politik. Ahok sudah sejak awal memaksimalkan cara-cara rasional dengan menekan serendah-rendahnya biaya politik dan parpol pendukungnya mencari keuntungan dengan memaksimalkan utilitas yang dimiliki petahana.

Anies dan Sandi sebagai sebuah kekuatan politik yang dianggap sebagian kalangan sebagai penantang terkuat calon petahana kemungkinan besar juga didukung oleh para pemilih berdasarkan kesamaan terhadap pemecahan masalah antara masyarakat pendukung dengan kontestan, sekaligus bahwa Anies sebenarnya memiliki daya tarik yang cukup menjanjikan sebagai alternatif pemimpin Jakarta. Sebelum dinyatakan sebagai calon gubernur yang diusung oleh dua parpol, Gerindra dan PKS, Anis sudah lebih dulu masuk bursa cagub dengan elektabilitas cukup tinggi. Ini artinya, ekspektasi warga Jakarta terhadap mantan Mendikbud ini, tidak hanya didasari oleh kesamaan karakteristik, melalui kecocokan program kerja,

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline