Lihat ke Halaman Asli

Syahiduz Zaman

TERVERIFIKASI

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Pancasila dan Konflik Kultural: Menelisik Tantangan Pluralisme dalam Nasionalisme

Diperbarui: 1 Juni 2024   07:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Freepik.com

Pluralitas dan Identitas Kultural dalam Pancasila

Esai "Telor Ayam Jantan dan Ibu Garuda Pertiwi" oleh Emha Ainun Nadjib menghadirkan wacana mengenai pluralitas dan identitas dalam konteks sosial dan kultural Indonesia. Nadjib menggunakan metafora "kokok ayam" untuk menggambarkan bagaimana perbedaan interpretasi dan ekspresi kultural dapat koeksistensi dalam kerangka Bhinneka Tunggal Ika, sebuah prinsip yang juga merupakan fondasi ideologi Pancasila.

Dari perspektif filsafat, konsep ini mengingatkan pada teori "intersubjectivity" yang diusung oleh Edmund Husserl dan lebih lanjut oleh Jrgen Habermas. Husserl berpendapat bahwa intersubjektivitas adalah kondisi dasar bagi semua pengalaman sosial dan komunikasi; ini adalah alat yang memungkinkan individu membagi realitas mereka dengan orang lain, memfasilitasi sebuah 'dunia kehidupan' yang bersama. Habermas mengembangkan ini lebih lanjut dalam konteks "public sphere" di mana dialog antarbudaya terjadi tanpa memaksa asimilasi identitas individu atau kelompok.

Dalam konteks sosiologi, bisa ditarik paralel dengan konsep "habitus" oleh Pierre Bourdieu, yang menunjukkan bahwa setiap individu atau kelompok sosial memiliki kecenderungan dan disposisi yang terbentuk oleh kondisi eksistensi mereka, tetapi tetap memiliki kemampuan untuk beradaptasi dan berinteraksi dengan kecenderungan sosial lainnya. Metafora Nadjib tentang beragamnya interpretasi suara kokok ayam menunjukkan bahwa walaupun ada perbedaan dalam manifestasi budaya, semangat keindonesiaan---yang dipersatukan oleh Pancasila---tetap bisa menjadi dasar yang solid untuk kesatuan.

Menyelidiki lebih jauh, terlihat bahwa ada ketegangan antara eksklusivitas dan inklusivitas yang dihadapi oleh konsep nasionalisme di Indonesia. Pancasila, sebagai alat pemersatu, sering kali harus berjuang melawan kekuatan desentralisasi dan fragmentasi sosial yang muncul karena pluralitas yang sama. Ini menarik hubungan dengan teori konflik kultural seperti yang digambarkan oleh Samuel Huntington, yang menekankan pada potensi gesekan antara peradaban yang berbeda, meskipun dalam konteks Indonesia, gesekan ini lebih merupakan dinamika internal daripada benturan dengan eksternal.

Dengan demikian, pemikiran Nadjib mengajak kita untuk mempertimbangkan kembali bagaimana ideologi nasional seperti Pancasila dapat menjadi alat yang inklusif, menghargai dan merayakan perbedaan sambil memperkuat kesatuan nasional. Bagaimana perbedaan suara kokok ayam, metafor untuk keanekaragaman budaya, dapat dilihat sebagai kekayaan yang memperkaya, bukan sebagai penghalang untuk kesatuan.

Kekuasaan, Kapital, dan Keadilan dalam Kebudayaan Indonesia

Dalam esai "Telor Ayam Jantan dan Ibu Garuda Pertiwi," Emha Ainun Nadjib juga mengkritik cara kapital dan kekuasaan memengaruhi identitas kebudayaan dan kebijakan nasional di Indonesia, khususnya melalui pengaruh Jakarta sebagai pusat kekuasaan. Diskursus ini menggambarkan bagaimana dominasi ekonomi dan politik dapat memengaruhi representasi dan persepsi kebudayaan di berbagai daerah di Indonesia.

Teori Antonio Gramsci tentang hegemoni budaya sangat relevan dalam konteks ini. Gramsci berpendapat bahwa kelas yang dominan mempertahankan kekuasaannya tidak hanya melalui paksaan tetapi juga melalui kontrol atas norma dan nilai dalam masyarakat. Dalam kasus Indonesia, Jakarta, sebagai "pemimpin keIndonesiaan," menjadi simbol dari hegemoni tersebut, menyebarluaskan pengaruhnya ke seluruh nusantara melalui akulturasi dan asimilasi.

Nadjib menyindir cara 'Gue-gue'---suara kokok ayam versi Jakarta---menjadi standar, mengabaikan keanekaragaman suara yang sebenarnya ada. Ini menunjukkan fenomena sosialisasi yang dilakukan oleh pusat kekuasaan yang mencoba menghomogenisasi keanekaragaman budaya yang seharusnya diakui dan dirayakan. Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana struktur kekuasaan memengaruhi validitas ekspresi budaya lokal dan bagaimana kapital memengaruhi distribusi kekuasaan dalam konteks nasional.

Dari perspektif sosiologi ekonomi, Pierre Bourdieu juga menyatakan bahwa modal tidak hanya ekonomi tapi juga sosial dan budaya. Di Indonesia, akumulasi modal ini di Jakarta menciptakan disparitas yang besar dengan daerah lain, memengaruhi distribusi kekuasaan dan representasi budaya. Kritik Nadjib terhadap cara modal digunakan untuk mengendalikan kekuasaan dan homogenisasi budaya menggarisbawahi ketidakadilan dalam pengalokasian sumber daya dan kesempatan.

Selain itu, Nadjib menyinggung masalah penting tentang keadilan sosial yang berakar dalam filosofi politik. John Rawls dalam teorinya tentang keadilan sebagai keadilan menekankan pentingnya prinsip-prinsip keadilan dalam struktur dasar masyarakat. Prinsip keadilan Rawls yang menekankan pada kesetaraan dan pemenuhan hak dasar setiap individu dapat diterapkan untuk mempertanyakan seberapa jauh kebijakan dan praktik yang berlaku di Indonesia memenuhi kriteria ini, terutama dalam konteks kesetaraan antarwilayah dan antarkelompok.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline