Lihat ke Halaman Asli

Syahiduz Zaman

TERVERIFIKASI

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Efektivitas Penugasan Peran dan Waktu dalam Pembelajaran Blended

Diperbarui: 14 Februari 2024   05:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi AOD pada blended learning. (Freepik/ArthurHidden)

Eksplorasi Penugasan Peran dan Waktu dalam Pembelajaran Blended

Artikel yang berjudul "Investigating the combined effects of role assignment and discussion timing in a blended learning environment" yang ditulis oleh Peiyu Wang, Heng Luo, Bowen Liu, Tianjiao Chen, dan Huiting Jiang (2024) membahas tentang efek gabungan dari penugasan peran dan waktu diskusi dalam lingkungan pembelajaran blended (blended learning). 

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan pembelajaran blended melalui desain diskusi online asinkron (asynchronous online discussion/AOD) yang efektif, dengan mengeksplorasi efek utama dan interaksi dari penugasan peran dan waktu terhadap hasil dan pengalaman pembelajaran blended.

AOD merupakan komponen penting dalam pembelajaran blended, di mana penugasan peran dan waktu diskusi menjadi pertimbangan desain diskusi yang penting. 

Penelitian ini menggunakan eksperimen faktorial dua tingkat untuk mengeksplorasi efek utama dan interaksi dari penugasan peran dan waktu pada hasil dan pengalaman pembelajaran blended

Penelitian ini juga menguji pengaruh penugasan peran dan waktu terhadap komunikasi sosial peserta dalam AOD dan efek waktu terhadap performa peran individu dalam diskusi berbasis peran.

Sebanyak 114 peserta dalam pembelajaran blended secara acak ditugaskan ke empat kondisi eksperimental: diskusi pra-kelas berbasis peran, diskusi pra-kelas bebas peran, diskusi pasca-kelas berbasis peran, dan diskusi pasca-kelas bebas peran. 

Hasilnya menunjukkan bahwa strategi penugasan peran, yang terdiri dari inisiator, pendukung, dan argumen, telah meningkatkan pengalaman belajar dalam hal afeksi, rasa komunitas, dan pengalaman forum, serta meningkatkan komunikasi sosial dalam AOD; sementara waktu memengaruhi perwujudan, kontribusi, dan partisipasi peran yang ditugaskan dalam diskusi berbasis peran. 

Namun, tidak ada interaksi signifikan antara dua strategi AOD tersebut. Secara umum, AOD berbasis peran pasca-kelas disarankan setelah pelajaran tatap muka karena pengalaman belajar dan performa peran yang lebih baik.

Pembelajaran blended diartikan sebagai kombinasi pengalaman belajar dari lingkungan kelas dan online

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline