Lihat ke Halaman Asli

Syahiduz Zaman

TERVERIFIKASI

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Inilah Alasan Sebenarnya Kenapa Kita Selalu Berpura-pura!

Diperbarui: 3 Oktober 2023   16:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi topeng sebagai simbol kepura-puraan. Foto: Ilo dari Pixabay.

 

Dunia ini panggung sandiwara
Cerita yang mudah berubah
Kisah Mahabarata atau tragedi dari Yunani
Setiap kita dapat satu peranan
Yang harus kita mainkan
Ada peran wajar ada peran berpura-pura

Itulah sebagian lirik lagu "Panggung Sandiwara" ciptaan Taufiq Ismail dan Ian Antono yang dibawakan oleh Nicky Astria pada awal tahun 1980an.

*** 

"Ketika kita lahir, kita menangis karena kita telah tiba di panggung kebodohan ini." - William Shakespeare.

Apakah hidup hanya serangkaian adegan dalam drama besar yang disebut dunia? Pikiran ini muncul ketika kita mengamati realitas yang begitu kompleks namun sering kali disamarkan oleh topeng-topeng kepura-puraan.

Terkadang, tugas untuk membedakan antara ranah aktualitas dan ranah imajinasi bisa menjadi tantangan yang signifikan, memastikan yang autentik dari yang palsu. Namun, apakah kesulitan ini menghentikan kita dari mempertanyakan kebenaran di balik setiap adegan?

Sesuai dengan kata-kata William Shakespeare, "Seluruh dunia adalah panggung, dan semua pria dan wanita hanya pemain." Namun, apa yang terjadi ketika para pemain ini berpura-pura? Apa yang terjadi dalam skenario di mana aktor kita memerankan karakter yang tidak sesuai dengan jadi diri asli mereka? Inilah yang dikenal sebagai hipokrisi: kepura-puraan yang disengaja untuk tujuan tertentu.

Banyak dari kita berpura-pura setiap hari, mungkin untuk menyembunyikan ketakutan, keraguan, atau untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan. Namun, kepura-puraan ini tidaklah tanpa biaya. Setiap kali kita berpura-pura, kita menjauh dari inti sejati kita, dari diri autentik kita.

***

"Kita lahir sendirian, kita hidup sendirian, kita mati sendirian. Hanya melalui cinta dan persahabatan kita dapat menciptakan ilusi, sejenak, bahwa kita tidak sendirian." - Orson Welles.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline