Lihat ke Halaman Asli

Syahid Putra

Teknik Sipil UNISULA 2021

Menjaga Kebersihan dalam Kehidupan Sehari-hari

Diperbarui: 29 September 2021   16:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dr. Ira Alia Maerani, S.H., M.H. (Dosen Fakultas Hukum, Universitas Islam Sultan Agung)
Muhammad Syahid Putra (Mahasiswa Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, UNISSULA, Semarang)

 "Kebersihan"
apa itu kebersihan???
Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk diantaranya adalah debu. sampah, dan bau. Kebersihan juga bisa berarti bebas dari kuman, virus, dan bakteri. kebersihan adalah salah satu dari kehigienisan yang baik. Manusia perlu menjaga kebersihan diri dan lingkungan agar sehat, tidak malu, tidak berbau, dan mencegah penularan penyakit terhadap orang lain di sekitarnya.

Mengapa saya membahas tentang artikel menjaga kebersihan diri dan lingkungan karena di masa Pandemi ini kebersihan adalah merupakan suatu yang sangat penting di masa Pandemi ini banyak kotoran kotoran dan virus yang menempel pada tubuh dan baju kita sehingga kita harus mawas diri untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat dan tidak menyebarkan virus atau kotoran kepada orang lain.

salah satu menjaga kebersihan diri dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam masa Pandemi ini adalah dengan cara mencuci tangan. Mencuci tangan adalah salah satu kegiatan membersihkan diri yaitu dengan Menggunakan air dan sedikit sabun atau diterjen Dan cara iniDikatakan ampuh untuk membasmi virus virus atau kuman yang berada di tangan kita sehingga kebersihan kita tetap terjaga dan membuat tubuh terhindar dari penyakit.

Selanjutnya adalah kebersihan lingkungan, Kebersihan lingkungan adalah kebersihan tempat tinggal tempat awam dan tempat kerja. Kebersihan tempat tinggal merupakan satu hal yang penting di dalam kebersihan lingkungan tempat tinggal. Karena jika kita tidak membersikan tempat tinggal kita Maka juga akan banyak kotoran kotoran dan kuman yang ada di tempat tinggal kita karena mencuci tangan saja tidak cukup oleh karena itu kita harus tetap menjaga kebersihan tempat tinggal kita.

Tingkat kebersihan pun berbeda beda contohnya di rumah sakit dan di rumah entah tingkat kebersihan di rumah sakit berbeda karena rumah sakit merupakan tempat orang sakit sehingga protocol kesehatannya lebih tinggi dibandingkan dengan rumah kita.

Dalam Islam pun Rosulullooh juga mengajarkan tentang pentingnya kebersihan berikut adalah Hadis dan yang mengenai tentang kebersihan:

Artinya : "Dari Rasulullah sallallahu alaihi wasallam : sesungguhnya Allah SWT itu suci Yang menyukai hal hal yang suci, dia Maha bersih yang menyukai kebersihan, dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, dia maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat tempatmu." (HR. Tirmizi.)

oleh karena itu marilah kita sebagai umat yang baik selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan karena nabi kita selalu mengajarkan tentang kebersihan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline