Lihat ke Halaman Asli

Penilaian dan Evaluasi Pemahaman dalam UbD |Topik 4 | Elaborasi Pemahaman

Diperbarui: 12 April 2024   22:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Indikator kemampuan interpretasi dari kutipan jurnal (Yani & Iryani, 2022)

  • Memahami masalah yang diberikan
  • Mengubah informasi dari masalah ke dalam bentuk lain
  • Menyimpulkan hasil dari masalah yang diberikan

Hal ini diungkapkan juga  oleh Mc Tighe & Wiggins (2012): when someone truly understands they can interpret by making sense of data, text, and experience through images, analogies, stories, and models. 

Indikator pertama dari kemampuan interpretasi pemahaman peserta didik pada suatu masalah berkaitan dengan pemaknaan informasi yang utuh atau dapat dikatakan bahwa pembelajaran bermakna bagi peserta didik. Hal ini juga selaras dengan salah satu kutipan bahwa Interpretasi data berkaitan dengan pemahaman dan pemberian makna terhadap data atau informasi.

Berbagi Wawasan memiliki makna dalam mengubah informasi ke dalam bentuk lain. Dalam hal matematika hal ini berkaitan dengan mengubah informasi teks menjadi kalimat matematika. Kemudian menyimpulkan hasil dari masalah berkaitan dengan signifikan, ilustratif, dan membuat jelas.

Informasi yang saya dapat dari satu jurnal selaras dengan hasil yang diperoleh kelompok 2 bahwa kemampuan interpretasi dapat dilihat dari lima kriteria yaitu bermakna, berbagai wawasan, signifikan, ilustratif, dan membuat jelas. Arti dari bermakna yaitu peserta didik mampu mengaitkan informasi yang diperolah dengan pengetahuan yang dimiliki dengan materi pelajaran. Berbagai wawansan memiliki arti bahwa peserta didik mampu menafsirkan suatu informasi berdasarkan pandangan atau sikap mendalam. Adapun signifikan, ilustratif, dan membuat jelas berkaitan dengan inferensi atau menyimpulkan hasil.

Sumber:

McTighe, J., & Wiggins, G. (2012). Understanding by Design Framework. Alexandria: ASCD.

Yani, A., & Iryani, D. (2022). Analisis Kemampuan Interpretasi Peserta Didik SMP Pada Materi. Journal of Education Review and Research (JERR), 1-9.

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline