Lihat ke Halaman Asli

Media dan Pemerintahan (Website Pemerintah sebagai Perwujudan Keterbukaan Informasi Publik)

Diperbarui: 24 Juni 2015   16:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Keterbukaan informasi publik merupakan bukti adanya demokrasi dan transparansi kepada masyarakat. Tujuan utama adanya keterbukaan informasi di setiap negara mencerminkan bahwa negara itu telah benar-benar menganut system demokrasi.  Banyak dampak positif dari adanya kebijakan yang ada  dalam UU Keterbukaan Informasi Publik UU No 14 tahun 2008 yang secara garis besar menjelaskan mengenai aktifitas yang mengambarkan betapa pentingnya keterbukaan informasi publik hingga di harapkan publik dapat berpartisipasi dalam setiap program. Untuk mewujudkan good governance dengan adanya undang-undang yang mengatur tentang Keterbukaan Informasi Publik sangatlah perlu. Undang-undang keterbukaan informasi publik ini akan mengawal pemerintah berlangsung transparan dalam seluruh proses pemerintahan

Seiring berkembangnya zaman, kini informasi semakin mudah di dapatkan oleh masyarakat. Baik di desa maupun di kota, kemudahan akses informasi ini tak lepas dari semakin berkembangnya internet yang telah masuk di beberapa desa di Indonesia. Pemerintah daerah juga lebih mudah untuk memberikan informasi kepada warga baik melalui media cetak dan media elektronik. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atas akses informasi publik, Layanan Informasi Publik Online, dan media massa merupakan sarana yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam mengajukan permohonan informasi publik. Website saat ini merupakan media yang paling sering di buka oleh masyarakat, hal ini di karenakan kemudahan untuk mengakses internet. Oleh karena itu, website harus di buat sebaik dan semenarik mungkin, karena masyarakat akan sangat tertarik jika website tersebut sangat bagus.

Seperti salah satunya yang ada di Kabupaten Mojokerto ini, pemerintah kabupaten Mojokerto membuat website yang berisi tentang berita dan informasi yang di perlukan untuk masyarakat Mojokerto. Website yang dibuat oleh pemerintah kabupaten Mojokerto ini dimaksudkan untuk memberikan berita, sosialisasi kebijakan pemerintah Kabupaten Mojokerto. Tidak hanya itu website pemerintahan daerah ini juga memberikan informasi tentang perda yang ada di Kabupaten Mojokerto. Dengan adanya website dari pemerintah daerah ini memudahkan informasi yang di perlukan oleh masyarakat.

Namun yang di sayangkan dari website Kabupaten Mojokerto ini masih banyak yang kurang di benahi, mulai dari tampilan sampai dengan komentar-komentar yang belum atau lebih tepatnya tidak di tanggapi oleh admin. Hal ini membuat website ini hanya sekedar muncul di internet namun tidak pernah hidup. Yang selalu di update dari website ini hanyalah berita yang memberitakan aktifitas kepala daerah, sedangkan saran atau kritik dari masyarakat tidak pernah di tanggapi oleh admin. Hal ini menjadikan website ini seperti mati, dan tidak ada aktivitas sama sekali. Padahal dari website ini pemerintah bisa mencerminkan citra pemerintah itu sendiri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline