Lihat ke Halaman Asli

hikbal pane

menyukai bunga; ekspresi, mekar dan bebas.

Romantisasi dan Politisasi Tubuh dalam CSCCUHI karya Rieke Saraswati

Diperbarui: 20 Desember 2022   12:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sastra ketika dihadapkan pada nilai-nilai kehidupan adalah suami yang berembuk kembali pada istrinya soal masa depan. Mengapa begitu? sebab, badan dari sastra adalah apa yang benar-benar terjadi di depan mata, diserap melalui pemahaman dan menjadikannya hal-hal yang patut direkam menjadi tulisan, karena sifatnya unik dan nyentrik.

Ketika seseorang mengatakan sastra itu dibangun oleh hanya fiksi dan fiksi adalah pondasi utama, agaknya mereka perlu berbenah dalam bersastra. Perlu sekali untuk mencoba memilah ulang, tiap-tiap yang sudah terbaca namun tak berbekas kemudian. Maka, sastra memiliki kesimpulan, bahwa ia adalah sesuatu yang abstrak dan dapat menjadi apapun, mengandung apapun dan dipakai untuk apapun.

Ketika kita menoleh ke belakang, kita akan mengingat cerita-cerita dan nyanyian dari sebuah daerah. Apakah itu asal-usul sebuah tempat, sebuah tragedi, sebuah budaya yang kompleks atau se-sederhana anak yang durhaka pada Ibunya. Ketahuilah, bahwa semuanya adalah sastra. Alat yang dipakai sebagai hiburan dan metaforanya bekerja sebagai nasihat. Seperti, "jangan pergi ke Hutan itu, ada monster jahat disana", tak ada monster, ataupun sifat jahat. Mitos dan legenda yang dilontarkan semata-mata untuk menjaga alam, menjaga agar hutan tetap asri tanpa ada campur tangan oleh manusia. Dahulu, kiranya sastra bekerja seperti itu.

Zaman berubah, zaman berganti, sastra dan fungsinya mencapai taraf yang lebih luas. Misalnya pada zaman kolonialisme, kita akan mengenal angkatan sastra 45 dengan karya-karyanya yang menohok bak senjata. Mengkritik pemerintah kolonial dari ujung kepala hingga kaki. Menyuruh mereka untuk segera hengkang dari bumi pertiwi ini. Itu adalah sastra, dan mengandung kausalitas. Berguna sebagai penyampaian gagasan---apakah itu keras atau lembut, ataujuga sarkastis. Tapi, sastra akan terus bekerja seperti itu.

Pada era pop sekarang, kita mengenal angkatan sastra 2000-an, angkatan progresif, penerapan dari pemikiran-pemikiran bukan timur. Kita mengenal Ayu Utami dengan Saman yang mengobrak-abrik budaya pakem-nya masyarakarat sini, memancing pro-kontra muda hingga tua. Tapi, isu-isu yang dibawa adalah sesuatu yang nyata, yang cocok sekali dibawa dalam meja diskusi, tentunya akan syahdu jika terus dibicarakan. Mulai dari pembahasan soal tubuh, seksualitas, perempuan dan jabatan, perempuan dan pendidikan, sampai-sampai perempuan berada diatas laki-laki dan konsep-konsep yang mirip.

Merujuk pada bacaan diatas, istilah romantisasi dan polititasi agaknya cocok dipakai dalam mendeskripsikan siklus kehidupan tokoh karya sastra. Belakangan ini, kata "romantisasi" kian sering terdengar (atau, terbaca) di media massa. Kata ini merujuk pada penggambaran sesuatu agar tampak lebih baik atau lebih menarik daripada yang sebenarnya. "Sesuatu" yang dimaksud bisa apapun, salah satunya yang mungkin masih hangat di telinga adalah romantisasi penyakit mental. Media sosial sempat cukup riuh menyebut romantisasi ketika membahas tema tersebut.

Begitupula dengan istilah politisasi. Khususnya politisasi pada tubuh, yang pertama kali dikemukakan oleh filsuf poststrukturalis Michel Foucault. Politisasi tubuh merujuk pada realitas pereduksian makna dan fungsi tubuh hanya sebagai obyek yang memberikan kenikmatan dan keuntungan. Istilah ini tidak dapat dipisahkan dari konteks fenomena seks dan wacana seksualitas masyarakat postmodern. Penjajaan tubuh (perempuan) dan komersialisasi seks merupakan fenomena khas masyarakat ini.

Saya memiliki satu bacaan yang mengusung tema-tema sentral diatas. Kumpulan Cerpen dari Rieke Saraswati berjudul "Cukup Sekian Cerita Cinta untuk Hari Ini". Kalau dibaca sekilas, ini adalah stensilan. Tentunya kita membutuhkan pembatasan untuk umur, agar tak sembarang dalam membaca dan mendiskusikan. Tapi, lebih dari itu, bacaan ini adalah sesuatu yang menyegarkan. Menanamkan konsep-konsep soal perempuan yang wajib dibicarakan dan tak lagi dianggap tabu. Ini adalah pengusung dari sastra populer itu sendiri, sebab telah lepas dengan kekakuan bahasa dan struktur "njlimet" karya sastra. Kutipan-kutipan yang termaktub ialah:

"Kamu pikir, kamu cukup nakal untukku?"

Krishna seolah membaca pikiranku. "Seksi", bisiknya. "Seperti kamu."

"Salah satu dari mereka mirip badut."

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline