Lihat ke Halaman Asli

Ayo Puasa

Diperbarui: 26 Juni 2015   14:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Setiap tahun umat Islam di wajibkan puasa Ramadhan, sebagaimana diwajibkan atas umat sebelumnya.

Hal ini dijelaskan dalam AlQur'an Surah Al Baqarah 183-185 yang berbunyi: " Dan Allah berfirman, Wahai orang-orang yang beriman,  diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana  diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa (menjaga diri dari murka Allah).

Pada bulan Ramadhan inilah Al Qur'an  diturunkan sebagai petunjuk bagi manusia, dan sebagai penjelasan dari petunjuk serta pemisah antara yang hak dan yang batil, maka siapa yang menyaksikan bulan itu, harus puasa dan siapa yang sakit atau bepergian pada bulan itu, maka boleh dibayar pada hari-hari yang lain.

Orang-orang sebelum kita, berarti sebelum umat Nabi Muhammad Saw, kepada umat Nabi-nabi sebelumnya, telah diwajibkan berpuasa. Untuk itu, kepada non muslim dihimbau sebaiknya juga berpuasa demi menghormati kaum yang berpuasa di bulan Ramadhan yaitu umat Islam.

Menurut penelitian di bidang medis berpuasa itu membuat tubuh kita menjadi sehat, penyakit maagh menjadi sembuh. Mari kita jalankan berpuasa ini bersama-sama, semoga Allah memberikan pahala yang Allah sendiri yang mengetahuiNya. Semoga.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline