Lihat ke Halaman Asli

Lebih Efektif Kuliah Tatap Muka atau Online?

Diperbarui: 28 April 2021   00:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Semenjak pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia pertama kali pada bulan maret 2020 Pemerintah Indonesia secara serentak menetapkan semua kegiatan yang di lakukan di luar rumah secara terpaksa mengharuskan semua kegiatan tersebut dilakukan secara online karena situasi yang mendesak. Termasuk juga dengan perkuliahan. 

Pada awal nya para mahasiswa merasa sangat senang akan keputusan pemerintah yang di setujui setiap Universitas di seluruh Indonesia tersebut. Mulanya mahasiswa menikmati hari hari di rumah tanpa hsrus keluar rumah dan terburu buru berpanas panasan untuk berangkat kuliah. Hal tersebut juga saya rasakan. Pada akhirnya semua merasa bosan dan sudah mulai tidak fokus dengan pemberklakuan kuliah online

Titik mulai jenuh yang di alami pada saat lockdown berjalan pada bulan ke 4. Banyak orang-orang yang pasti merasa bosan selalu di rumah terus dan takut jika harus keluar rumah karena memang pemberitaan pandemi tersebut seperti menghantui pikiran kita. 

Hingga hal yang saya rasakan sendiri ketidak efektifan kuliah online karena banyak sekali kelas yang harus terlupakan karena ketiduran. Hal tersebut membuat semua pelajaran yang di pelajari sia-sia saja. 

Maka dari itu menurut saya lebih baik kuliah tatap muka (offline) ketimbang kuliah online berkepanjangan seperti saat ini. Walapun kita harus mengeluarkan tenaga lebih ekstra lagi pada saat kuliah offline, tetapi itu semua terbayar dengan ilmu yang kita dapat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline