Lihat ke Halaman Asli

Syafiul anam

Mahasiswa jurusan teknik elektro UNIPMA Madiun

Resensi Buku "Atomic Habits"

Diperbarui: 19 Maret 2022   10:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Buku Atomic Habits merupakan buku genre self improvement, buku karya penulis James Clear yang laris manis hingga menjadi Newyork Times Bestseller. Buku terjemahan dari Atomic Habits diterbitkan oleh PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta pada tahun 2019. Buku dengan tebal 352 halaman ini menyajikan berbagai pembahasan menarik disertai dengan berbagai kisah yang inspiratif. Dalam buku ini akan dibahas mengenai keajaiban Atomic Habits yaitu perubahan kecil yang memberikan hasil luar biasa. Resensi buku ini akan disajikan dalam beberapa bab dan untuk lebih jelasnya bisa membeli buku ini langsung di Gramedia seluruh Indonesia.

Pada bab 1 penulis menyajikan dahsyatnya kekuatan Atomic Habits, Perubahan kecil menghasilkan perbedaan besar. Perbaikan yang kita lakukan 1% setiap harinya akan membuahkan dampak besar dikemudian hari jika dilakukan berlanjut dalam waktu yang lama. Perubahan kecil 1% setiap harinya tentu merupakan hal yang tidak terlalu terasa beratnya, namun hal ini perlu konsistensi dan kesungguhan niat yang bulat. Jika dihitung matematis maka 1% kebiasaan baik yang kita lakukan maka dalam 1 tahun akan mendapatkan progres kebaikan sebesar 37%, hal ini berlaku hukum kebalikan.  Kebiasaan merupakan bunga majemuk dalam perbaikan diri, dalam buku ini digambarkan seperti halnya uang yang menjadi berlipat ganda karena bunga majemuk, pengaruh kebiasaan menjadi berlipat-lipat sewatktu anda mengulang-ulang kebiasaan tersebut. Perubahan kecil seringkali tidak terlihat sampai kita benar-benar berada difase kritis, hal ini merupakan efek bunga majemuk dimana dampak tidak langsung dirasakan.

Semua hal berasal dari awal yang kecil. Bibit setiap kebiasaan adalah keputusan tunggal yang sangat kecil, namun ketika kebiasaan itu diulang ia akan beralar dan tumbuh makin kuat, akar akan mencengkram makin dalam dan cabang-cabang terus tumbuh. Usaha menumbuhkan kebiasaan baik sama seperti menanam tanaman dan usaha menumbuhkna kebiasaan buruk sama seperti filosofi menumbangkan pohon beringin yang sangat besar.

                Melupakan sasaran dan berfokus pada sistem.

Perbedaan sistem dan sasaran digambarkan oleh scott adams “ Bila anda seorang pelatih, sasaran anda mungkin memenangkan juara. Sistem anda terdiri atas merekrut pemain, mengatur asisten pelatih, dan menyelenggarakan latihan”. Sasaran berbicara hasil yang ingin kita raih, sistem adalah proses yang mengantarkan ke hasil tersebut. Sasaran digunakan untuk menentukan arah, sistem adalah yang terbaik untuk mendapatkna kemajuan.

  1. Pemenang dan pecundang memilika sasaran yang sama
  2. Meraih sasaran hanya merubah sesaat
  3. Sasaran membatasi kebahagiaan anda
  4. Sasaran tidak bersesuai dengan jangka panjang

(lebih lanjut ada di buku halaman 30)

Atomic habits merujuk ke suatu perubahan sangat kecil, peralihan sangat remeh, perbaikan hanya 1%. Atomic habits adalah kebiasaan kecil yang merupakan bagian dari sistem yang lebih besar. Sama seperti atom yang membentuk molekul, atomic habits adalah unsur pembentukan hasil yang luar biasa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline