Lihat ke Halaman Asli

Irmawan syafitrianto

ASN (KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN)

Kota Palu Ibu Kota Negara, Layak?

Diperbarui: 3 Mei 2019   08:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

allindonesiantourism.com

Wacana pemindahan ibu kota negara semakin menarik untuk diikuti. Jakarta sudah terlalu sesak penghuninya, macet-polusi-banjir-serta aksesnya yang tidak membagi simetris tengah Indonesia. Jakarta, sebagai ibu (kota) sudah berumur cukup tua, dan mungkin sudah saatnya anak kota yang telah dewasa disuntingkan tanpa suami agar juga menjadi ibu. Idealnya, cukup satu ibu, atau dua ? Tergantung kebutuhan.

Memilih ibu kota negara seperti memilih isteri, susah tapi gampang, gampang tapi susah,  isteri  yang baik nantinya akan menjadi ibu yang baik untuk anak, ibu yang mendidik dengan kasih sayang. Memilih ibu ? Hanya bapak tiri yang bisa memutuskannya. Pilih memilih dan dipilih butuh waktu, butuh seleksi, yang anggun-yang menawan-ramah-bagus imannya, jelas bibit-bobot-bebetnya.

Kota Palu letaknya di pulau (Sulawesi) bagian tengah, tengah di antara barat dan timur, tengah di antara utara dan selatan. Ditinjau dari posisi geografi, Palu jelas bisa merangkul anak-anaknya dengan pelukan hangat, mungkin sedikit panas saat siang hari tanpa mendung.

Walau rawan gempa, namun kota Palu kota yang anggun, kota tiga dimensi yang mengawinkan gunung-laut-dan lembah menjadi satu ikatan cinta. Tentang daerah rawan bencana, tidak perlu khawatir, pemerintah telah berupaya meminimalkan dampak bencana melalui program mitigasi. Membangun tanggul (akan), menanam mangrove, memasang pendeteksi tsunami, menentukan jalur evakuasi, serta membangun sinergi yang mantap dengan berbagai pihak. 

Menghuni Kota Palu akan meningkatkan iman dan taqwa, selalu mengingat kebesaran tuhan yang pernah memberikan cobaan  bencana yang lengkap. Kota Palu kota yang damai, masjid-gereja-pura-wihara, dalam keberagaman semuanya rukun dan menjunjung tinggi nilai toleransi.

Kembali ke persoalan pilih memilih dipilih, selera boleh beda, namun prinsip menghargai adalah nilai positif yang dapat memperkaya dan mempertajam pandangan. 

Sekarang sudah jam 23.50, waktu Indonesia bagian tengah-sulawesi bagian tengah, sudah waktunya untuk istirahat. Selamat malam, selamat memilih, selamat selamat dan selamat, semoga. Aamiin..

#PaluIbuKotaNegara




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline