Lihat ke Halaman Asli

Prinsip-prinsip dan Factor yang Mempengaruhi Belajar

Diperbarui: 31 Mei 2024   11:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

A. Prinsip-Prinsip Belajar

Prinsip adalah aturan atau keyakinan mendasar yang menjadi landasan bagi tindakan atau keputusan individu , sekelompok orang , atau suatu sistem . keyakinan yang menjadi landasan tindakan atau keputusan individu , sekelompok orang , suatu sistem, Prinsip-prinsip panduan Prinsip mendefinisikan bagaimana seorang individu atau suatu entitas harus berperilaku, membentuk hubungan, dan berinteraksi dengan lingkungannya individu atau suatu entitas harus berperilaku, membentuk hubungan, dan berinteraksi dengan lingkungannya .

Prinsip-prinsip belajar adalah  ide-ide mendasar yang mendasari proses belajar dan pembelajaran. Prinsip-prinsip pembelajaran dalam konteks pendidikan mencakup metode yang efisien untuk menyusun dan mengembangkan sistem pendidikan serta bagaimana mengatur pengajar dan siswa untuk berkolaborasi dalam rangka memenuhi tujuan pembelajaran. Konsep belajar, memahami pembelajaran, dan membangun kompetensi siswa hanyalah beberapa topik yang dapat dicakup oleh prinsip-prinsip pembelajaran, prinsip belajar digunakan oleh guru untuk mengembangkan dan mengatur sistem pendidikan yang efektif, serta untuk mengembangkan kompetensi siswa secara holistik dab integratif.

Berikut merupakan prinsip prinsip belajar dan pembelajaran :

1. Prinsip Kesiapan (Readiness)

Kondisi yang memungkinkan seseorang untuk belajar disebut sebagai kesiapan, dan hal ini mempengaruhi proses pembelajaran bagi siswa.   Ada beberapa tingkat kesiapan belajar untuk suatu pekerjaan dalam hal ini. Ketika seorang siswa tidak siap untuk menyelesaikan suatu tugas, mereka akan kesulitan atau mungkin menyerah dalam belajar. Kesiapan ini mencakup hal-hal seperti kapasitas mental, pengalaman dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, perkembangan fisik dan kematangan, dorongan, dan persepsi, di antara hal-hal lain yang membantu orang untuk belajar. 

2.Prinsip Motivasi (Motivation)

Tujuan dalam belajar diperlukan untuk suatu proses yang terarah. Motivasi adalah suatu kondisi dari belajar untuk memprakarsarai kegiatan, mengatur arah kegiatan itu dan memelihara kesungguhan.

Motivasi dalam pembelajaran adalah dorongan internal atau eksternal yang mendorong seseorang untuk belajar dan meningkatkan pemahaman serta keterampilan, dan ini bisa berasal dari beberapa faktor, termasuk keinginan untuk mencapai tujuan pribadi atau profesional, minat terhadap subjek tertentu, dorongan orang lain seperti guru atau orang tua, atau penghargaan yang diperoleh dari pencapaian akademis. 

3.Prinsip Presepsi Dan Keaktifan

Menurut Thomas M. Riskdalam Zakiah Daradjat, "teaching is theguidance of learning experiences." Mengajar adalah proses membimbing pengalaman belajar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline