Logo dalam suatu perusahaan adalah suatu elemen penting dalam mencangkup pemaknaan secara visual perlambangan tujuan apa yang akan perusahaan capai. Logo merupakan suatu gambaran atau dapat dikatakan sebagai pemaknaan secara tidak terucap yang akan sangat penting bagi suatu perusahaan dalam keberlangsungan usahanya. Dengan adanya logo, dapat mengukuhkan jati diti yang kuat dalam logo tersebut sehingga dapat menarik minat konsumen.
Unilever adalah suatu perusahan multinasional yang berkantor pusat di Belanda dan Inggris. Unilever adalah suatu perusahaan yang berfokus pada produksi makanan, minuman, pembersih dan perawatan tubuh. Dalam menjalankan usahanya, Unilever mempunyai sebuah logo yang unik dan terdapat makna implisit dan eksplisit. Logo Unilever dapat dikatakan sebagai logo yang unik dikarenakan dibalik logo sederhananya yaitu berlambang huruf "U", Logo Unilever juga terdapat elemen-elemen yang mengisi ruang dalam huruf "U" tersebut. Hal ini merupakan suatu hal yang dapat memberikan pencerahan kepada konsumennya tentang apa saja hal yang ingin Unilever berikan atau pelayanan apa yang akan Unilever berikan kepada para konsumennya.
Dikutip dari Blog Kioslambang, Logo Unilever didesain menggunakan elemen-elemen gambar yang mewakili suatu konsep produk-produk dari Unilever. Elemen-elemen tersebut membentuk sebuah huruf yaitu huruf "U". Logo Unilever didesain oleh agansi Lowe LDB Sri Lanka pada tahun 2004. Pemimpin Lowe LDB Lilamani Dias Benson mengatakan, selain berdasarkan konsep vitality, logo tersebut ingin menyimbolkan : "U" can make a difference.
Makna dari elemen-elemen kecil yang terdapat pada logo Unilever yaitu : Mangkuk melambangkan masakan yang mengandung selera, Cairan melambangkan air bersih dan kemurnian, hati melambangkan simbol cinta, perhatian/perawatan, dan Kesehatan, bibir melambangkan simbol dunia kecantikan, penampilan, yang menarik dan citarasa, matahari melambangkan simbol utama dari vitalitas, tangan melambangkan simbol sensitivitas, pemeliharaan dan kebutuhan, Bunga melambangkan wewangian, bumbu dan penyedap rasa melambangkan kandungan makanan yang segar, wadah penyimpanan melambangkan packaging, partikel melambangkan ilmu pengetahuan, es krim melambangkan kenikmatan, lebah melambangkan kerja keras, rambut melambangkan penampilan yang menarik, selai melambangkan penambah rasa, ikan melambangkan laut/air segar, pakaian melambangkan penampilan yang menarik, teh/tumbuhan melambangkan pertumbuhan, kilauan melambangkan bersih, Kesehatan, DNA melambangkan kehidupan dan simbol ilmu alam, pohon palem/kelapa melambangkan sumber alam, sendok melambangkan citarasa, ombak melambangkan tenaga, tanaman melambangkan kesegaran, daur ulang melambangkan komitmen Unilever dalam menjaga kelangsungan hidup lingkungan, burung melambangkan kebebasan. Dimana elemen-elemen tersebut menyusun sebuah huruf yakni "U'' sebagai inisial perusahaan.
Itulah makna yang terkandung dalam logo Unilever, Logo Unilever sangat unik dan mempunyai makna yang mendalam. Logo Unilever tersebut menunjukkan bahwa Unilever selalu ingin berkomitmen serta selalu ingin memberikan pelayanan yang terbaik terhadap para konsumennya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H