Lihat ke Halaman Asli

Syafiq ANF

Mahasiswa

Proses Pengendalian Perencanaan Sumber Daya Manusia dan Evaluasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Garut

Diperbarui: 24 Desember 2024   08:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Proses Pengendalian Perencanaan Sumber Daya Manusia dan evaluasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Garut 

Penulis: Syafiq Ahmad Naji Farhan

Tulisan Ini  disarikan dari laporan Mini Riset Individu serta Modul Ajar Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Part 3 mengenai perencanaan pendidik dan tenaga kependidikan yang diberikan oleh Prof. Dr. H. A. Rusdiana, Drs., M.M., sebagai dosen pemampu.

Pengendalian perencaan perlu diperhatikan karena akan berpengaruh terhadap pelaksaan kegiatan yang suadah direncanakan sebelumnya untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Proses pengendalian perencanaan SDM dan evaluasi yang dialakukan di MIN 2 garut, ialah sebagai berikut:

Pertama untuk mengukur keberhasilan perencanaan tenaga pendidik dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan, MIN 2 Garut melakukan penilaian terhap pendidik dan tenaga kependidan dengan hasil pencapaian siswa misalnya dari ulangan, pas, pat, asesmen, lomba lomba, dan MIN 2 Garut ini selalu mengikutsertakan peserta didik terbaik agar mengikuti lomba, hal ini dimaksudkan untuk mengukur keberhasilan guru. Sejauh mana siswa menyerap pelajaran yang disampaikan oleh guru dan sejauh mana juga guru ahli/ memiliki skil dalam menyampaikan materi kepada peseta didik. Selain itu, MIN 2 Garut sering meraih prestasi dan memiliki program bina prestasi yang mana mengumpulkan siswa-siswa terbaik dibidangnya untuk diberikan binaan tambahan dan dipersiapkan untuk mengikuti lomba. Seperti perlombaan di alkhoiriah mengikuti memenangkan olimpiade sains, darul akrom olimpiade matematika, tahfidz, mhq.

Kedua Indikator utama yang harus digunakan dalam mengevaluasi efektivitas perencanaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dengan pengukur keberhasilan guru, hasil yang didapatkan peserta didik, administrasi, pemantauannya supervise.bagimana guru membuat indicator dalam belajar, serta rencana proses pembelajarannya apabila ada yang harus dikoresi maka guru memperbaiknya Kembali, misalnya bagaimana guru membuat indicator, Bagaimana guru membuat Langkah-langkah melaksanakan pembelajaran awal, inti, akhir dan evaluasi. Selain itu dalam penggunaan media teknologi dapat dimanfaatkan untuk mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan perencanaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di MIN 2 Garut ini sudah menggunakan CCTV dalam mengawasi pelaksaan dalam lembaga madrasah.

Natizah

Pengukuran penilaian keberhasilan guru dilakukan dengan dengan hasil pencapaian peserta didik.

penggunaan media teknologi dimanfaatkan untuk mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan perencanaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline