Audit adalah kegiatan atau proses kembali dan meninjau data data tertulis suatu laporan secara detail. SDM adalah sumber daya manusia yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan atau organisasi. Jadi Audit SDM merupakan analisis atau meninjau kembali secara detai tentang kualitas Sumber Daya Manusia di dalam suatu perusahaan atau divisi. Karena secara professional suatu manajerial atau manajemen harus memperhatikan kualitas SDM nya agar perusahaan menjadi efisien dan tercapai targetnya. Jadi audit SDM sangat penting dan sangat berkesinambunhan dengan tujuan perusahaan. Lalu mengapa audit SDM sangat penting di perusahaan?. Karena audit SDM memiliki tujuan yang efektif dan serta manfaat yang penting. Tujuan audit SDM itupun bisa menilai aktivitas SDM terhadap ketentuan hukum dalam suatu perusahaan serta memecahkan dan mengatasi langkah perbaikan terhadap suatu aktivitas SDM. Manfaatnya pun yang pasti untuk meningkatkan suatu energi professional dalam sebuah perusahaan ,memecahkan masalah yang kritis ,menyelesaikan masalah terhadap aturan, dan serta memberikan evaluasi yang penting terhadap prosedur SDM.
Terdapat 5 langkah audit dalam SDM yaitu:
1. Audit pendahuluan
Didalam audit pendahuluan yang dilakukan oleh perusahaan adalah memandang cv atau bisa dibilan latar belakang atau gambaran umum yang nanti akan di lakukan identifikasi apakah sesuai dengan peraturan atau kriteria perusahaan atau tidak.
2. Riview dan pengujian pengendalian manajemen atas program SDM
Pada tahap riview ini adalah suatu pengujian yang dilakukan seperti, tujuan yang jelas, kualitas dan kuantitas, anggaran suatu program, standar kinerja suatu program.
3.Audit lanjutan
Tahap ini akan mengembangkan suatu temuan dan disajikan dengan secara merinci dan sangat jelas lalu akan di tindak lanjutin sesuai dengan rekomendasi dari seorang auditor