Lihat ke Halaman Asli

Syaddad Verahry

Mahasiswa S-1 Peternakan Universitas Diponegoro

Cegah Stunting! Ayo Minum Susu!

Diperbarui: 3 Agustus 2023   13:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Desa Klampok, Kecamatan Wanasari, Kabuparen Brebes (31/07/2023). Susu adalah cairan yang berasal dari ambing ternak perah yang sehat, diperoleh dengan cara pemerahan yang benar, tidak menyakiti ternak, diperah secara kontinyu (teratur) dan sekaligus, tanpa mengurangi atau menambah sesuatu komponen/bahan atau perlakuan lain selain pendinginan. Susu sangat penting untuk mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan terutama pada anak-anak agar optimal. Selain itu, kandungan nutrisi pada susu yang cukup tinggi dan susu juga mudah untuk dicerna sehingga nutrisi lebih mudah untuk diserap oleh tubuh.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada susu yaitu air (87,95%), bahan kering (12,05%) yang terdiri atas komponen lemak dan non lemak. Komponen lemak (3,45%) dan non lemak sebanyak (8,60%). Komponen non lemak terdiri atas protein (3,2%) à kasein (2,7%) dan albumin (0,5%), komponen laktosa (4,6%), mineral seperti Ca, P, K dsb (0,85%) dan vitamin.

Sosialisasi mengenai pentingnya minum susu untuk anak-anak sekolah dasar penting untuk dilakukan mengingat susu memiliki komponen nutrisi yang tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro tergerak untuk menyosialisasikan pentingnya minum susu untuk anak-anak usia dini khususnya anak-anak sekolah dasar. Gerakan gemar minum susu selain mendukung program pemerintah dalam mencegah stunting juga untuk menumbuhkan minat minum susu pada generasi muda mengingat susu memiliki nilai gizi yang tinggi dan baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak pada usia muda.  

Pelaksanaan program kerja sesuai dengan salah satu tema KKN Universitas Diponegoro yaitu SDG’s (Sustainable Development Goals) dan stunting sehingga hasil dari program kerja ini dapat bermanfaat bagi warga Desa Klampok khususnya kepada para anak-anak usia muda yang ada di Desa Klampok agar pertumbuhan mereka optimal dan kejadian stunting dapat dicegah.

Pelaksanaan program kerja meliputi survey ke sekolah dasar yang terdapat di Desa Klampok yaitu Sekolah Dasar Negeri 01 Klampok dan mengidetifikasi hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam pelaksanaan sosialisasi. Selanjutnya dilanjutkan dengan diskusi bersama Kepala Sekolah Dasar Negeri 01 Klampok sebagai salah satu bentuk koordinasi dan membentuk sinergi antara mahasiswa KKN dengan pihak sekolah. Pelaksanaan sosialisasi dilakukan pada hari Sabtu, tanggal 29 Juli 2023 di Sekolah Dasar Negeri 01 Klampok. Peserta kegiatan sosialiasi berasal dari siswa kelas satu Sekolah Dasar Negeri 01 Klampok. Seluruh peserta antusias dalam menyimak pemaparan materi dari mahasiswa serta aktif dalam memberikan umpan balik mengenai materi yang disampaikan. Selain itu, mahasiswa juga membagikan susu kotak gratis sebagai bentuk simbolis acara sosialisasi gemar minum susu pada anak-anak tingkat sekolah dasar.

Penulis:

Syaddad Verahry Philco

Program Studi S-1 Peternakan

Fakultas Peternakan dan Pertanian

Universitas Diponegoro

KKN Tim II Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing Lapangan: Apip, S.E., M.Si




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline