Lihat ke Halaman Asli

METAVERSE

Diperbarui: 27 November 2021   22:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

     METAVERSE merupakan konvergensi antara dunia nyata dan dunia virtual yang bisa dibilang seperti sebuah virtual space dimana kita bisa berinteraksi dengan orang lain dengan menggunakan avatar dan di dunia METAVERSE kita bisa menjadi siapapun bahkan bisa menjadi apapun.

     Menurut Matthew Ball METAVERSE adalah jaringan luas dari dunia virtual tiga dimensi yang bekerja secara real-time dan persisten serta mendukung kesinambungan identitas, objek, sejarah, pembayaran, dan hak, yang mana dunia itu dialami secara serempak oleh jumlah pengguna yang tidak terbatas.

     Menurut Mark Zuckerberg  METAVERSE adalah seperangkat ruang virtual yang anda dapat ciptakan dan jelajahi dengan orang lain yang tidak berada di ruang fisik yang sama dengan anda.

     Dari pandangan ekonomi ,menurut saya METAVERSE atau dunia virtual ini akan  mempunyai peranan yang besar sekali dalam menaikan economy digital. Secara kekuatan economy, jika semua orang diperkenalkan ke dunia Metaverse maka kita akan bisa menciptakan economy baru didalamnya yang impact nantinya akan bisa besar sekali. Dipandangan bisnis METAVERSE sangat menguntungkan bagi Sebagian perusahaan-perusahaan besar. Maka dari itu jauh sebelum dunia METAVERSE dibuat sudah banyak perusahaan yang curi start demi meraup keuntungan bila nanti dunia itu sudah terealisasikan.

     METAVERSE sangat menarik, menurut saya pribadi metaverse akan berpotensi mengubah cara kita menjalani hidup, brsosialisasi, bekerja, dan berbisnis.

Tekhnologi adalah ancaman bagi orang yang merasa tergeser olehnya, tapi sebuah peluang bagi orang yang mampu memanfaatkannya dengan maksimal.

Demikian sedikit penjelasan dari saya yang saya ketahui

Terima Kasih!

Sumber : Dr. Indrawan Nugroho

Editor : Syabilla Mauliddia




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline