Lihat ke Halaman Asli

Suyito Basuki

TERVERIFIKASI

Menulis untuk pengembangan diri dan advokasi

Heboh Wilayah Sukolilo Pati

Diperbarui: 15 Juni 2024   13:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penggerebekan kampung Sukolilo (sumber gambar: Tribunnews.com)

Heboh Wilayah Sukolilo Pati

Oleh: Suyito Basuki

Diberitakan bahwa Kamis 6/6/ 2024 yang baru lalu, empat orang dari Jakarta dihajar babak belur oleh sekelompok orang di Kecamatan Sukolilo Pati, Jawa tengah.  Dalam tindak kekerasan itu, BH (52) tewas sedang tiga orang lainnya: SH (28), KH (54), dan AS (37) menderita luka parah. (https://www.kompas.id/baca/riset/2024/06/13/tragedi-bos-rental-mobil-dan-gunung-es-penadahan-curanmor-di-pati-jawa-tengah)

Gerak respon kemudian dilakukan oleh pihak kepolisian.  Berita hari ini 14/6 beberapa personil gabungan Polres Pati dan Polda Jateng menyisir wilayah Sukolilo ini.  Hasilnya sementara ditemukan 33 sepeda motor dan 6 mobil yang tidak memiliki kelengkapan surat.  Oleh karena itu, kendaraan-kendaraan tersebut dibawa ke Polda untuk diperiksa kelengkapan surat kendaraan baik Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)  maupun Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB)-nya.

Dalam hal ini polisi tengah mengejar pelaku pengeroyokan BH bos rental itu.  Polisi berharap para pelaku dapat menyerahkan diri. Keberadaan daerah Sukolilo yang diinformasikan sebagai sarang penadah motor gelap sedang didalami oleh kepolisian. (https://www.kompas.tv/regional/515247/sukolilo-pati-dituding-jadi-sarang-penadah-polisi-sita-33-motor-dan-6-mobil-bodong)

Razia polisi ini disebut dilakukan di kampung bandit.  Ini menunjukan kampung tempat dimana ditemukannya kendaraan-kendaraan yang tanpa dilengkapi dengan surat-surat kendaraan tersebut tidak dalam keadaan baik-baik saja. (https://www.kompas.tv/regional/515241/buntut-bos-rental-tewas-dianiaya-polisi-sisir-3-kampung-bandit-di-pati-terkait-penggelapan-mobil)

Sukolilo sebuah Kecamatan

Kabupaten Pati Jawa Tengah yang memiliki luas wilayah 1.489,19 km2 pada tahun 2017 disebut memiliki sebaran penduduk 862 jiwa/km2.  Kabupaten Pati yang pada tahun 2017 memiliki penduduk 1.283.790 jiwa itu terdiri dari 21 kecamatan, 5 kelurahan, dan 401 desa.

Dengan demikian, Sukolilo adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Pati.  Sebagai kecamatan, Sukolilo memiliki 16 desa.  Desa-desa tersebut adalah Baleadi, Baturejo, Cengkalsewu, Gadudero, Kasiyan, Kedungmulyo, Kedungwinong, Kuwawur, Pakem, Porang Paring, Prawoto, Sukolilo, Sumbersoko, Tompegunung, Wegil dan Wotan. (https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Daftar_kecamatan_dan_kelurahan_di_Kabupaten_Pati)

Secara geografis wilayah Sukolilo terletak di sebelah selatan Kabupaten Grobogan, sebelah utara Kecamatan Kudus, sebelah timur Kecamatan Kayen, sebelah barat Kabupaten Kudus.  Jika penduduk wilayah Sukolilo ini mau ke pusat kota Pati, harus menempuh perjalanan berkisar 27 Km.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline