Lihat ke Halaman Asli

Suwinda

Mahasiswa

Edukasi Penanaman Nilai Pancasila kepada Generasi Milenial sebagai Penggerak Pancasila

Diperbarui: 4 Desember 2023   07:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Mahasiswa KKN Giat 6 UNNES Bersama dengan Pusbang KKN UNNES mengadakan edukasi kepada siswa-siswi MI Tholabiyah Tegaron untuk penanaman nilai Pancasila kepada Generasi Milenial penggerak Pancasila

Desa Tegaron, Kecamatan Banyu Biru, Kabupaten Semarang pada hari Sabtu, 11 Oktober 2023

Cakupan sosialisasi yang dilaksanakan oleh mahasiswa giat 6 kepada Siswa-siswi MI Tholabiyah adalah penerapan Pancasila yang mana sebagai generasi milenial hendaknya dapat menjadi penggerak Pancasila. Adapun materi yang disampaikan mengenai Pentingnya adab dalam kehidupan sehari-hari.  Edukasi yang dilakukan ini bertujuan agar dapat menjadi acuan para siswa sebagai bentuk akan pentingnya adab dalam kehidupan baik adab terhadap Allah SWT, terhadap sesama manusia, dan adab terhadap makhluk hidup.

Kegiatan edukasi yang dilaksanakan pada hari Sabtu, tepatnya setelah pelaksanaan senam bersama siswa-siswi diarahkan mengenai pentingnya adab dalam kehidupan sehari-hari. Siswa-siswi MI Tholabiyah menerima materi edukasi tersebut dengan baik, tenang, dan antusias sehingga kegiatan edukasi dapat terlaksana dengan baik. Selain pemberian materi mengenai Pentingnya adab dalam kehidupan sehari-hari juga diadakan sesi tanya jawab dan pemberian apresiasi kepada siswa-siswi yang memiliki keberanian untuk menjawab pertanyaan. Kemudian, penghujung acara edukasi tersebut siswa-siswi MI Tholabiyah ikut terlibat dalam pembuatan konten kreatif yaitu "tebak-tebakan Bersama bocil" adapun inti dari tebakan tersebut bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa-siswi menerima materi yang disampaikan dan mengetahui seberapa besar pemahaman siswa-siswi terhadap nilai-nilai Pancasila.


Setelah kegiatan edukasi ini selesai, siswa mampu mempraktikkan materi yang disampaikan narasumber dengan baik, adapun hal ini dapat terlihat Ketika pembuatan konten kreatif berjalan. Harapan dari tim KKN UNNES GIAT 6 terhadap edukasi ini adalah  siswa-siswi dapat terus-menerus meningkatkan pengetahuan mengenai nilai Pancasila, dan dapat menerapkan adab-adab dalam kehidupan sehari-hari. Giat 6 UNNES "Bersama UNNES Giat, Membangun Indonesia dari Desa".

Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline