Lihat ke Halaman Asli

Suwardi Suwardi

Guru Teknik Kendaraan Ringan Smkn1 Kaligondang

Koneksi Antar Materi-Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

Diperbarui: 13 September 2023   12:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Momen yang paling penting, menantang dan mencerahkan menurut saya dalam proses pembelajaran modul 1.1 hingga modul 1.2 adalah makna Pendidikan dalam filosofi Ki Hajar Dewantara yaitu menuntun. Menuntun murid sesuai dengan kodrat alam dan kodrat jaman untuk bisa mencapai kemerdekaan. Setiap murid sudah memilik kodrat masing-masing dan guru hanya berperan untuk menebalkan potensi tersebut dengan cara menuntun dan mengarahkan disesuaikan dengan kodrat jaman yang ada.

Seorang guru diibaratkan petani yang akan merawat tanaman dari semua proses, mulai dari memilih benih, menyemai, menanam, merawat sampai besar, memanen tanaman, sampai dengan mengolah hasil tanaman.

Berbeda dengan perawat tanaman yang hanya merawat tanaman tanpa memilih bibit dan mengolah hasil.

Pada modul 1.2 saya tercerahkan dengan materi tentang tahapan tumbuh kembang anak yang terdiri dari wiraga, wiraga wirama dan wirama, dan juga tahapan perkembangan psikologis anak. Pada materi ini saya tercerahkan betapa pentingnya guru memahami tentang latar belakang psikologis perkembangan murid, sehingga dapat memberikan  penanganan yang tepat dalam rangka menuntun siswa dan bukan hanya terkait dengan materi kompentensi.

Saya merasa sangat Bahagia karena pencerahan-pencerahan yang saya dapatkan dari modul 1.1 -1.2, bagi saya ini merupakan bekal sangat berguna untuk meningkatkan kompetensi diri dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada siswa.

Sebelum mengikuti pembelajaran pada modul 1.1 dan 1.2 saya merasa bahwa apa yang saya lakukan pada siswa dalam proses pembelajaran sudah baik dan bisa terlaksana sesuai dengan target yang diberikan oleh kurikulum. Setelah mempelajari  materi ternyata masih banyak kekurangan, ternyata masih banyak yang harus di perbaiki, dan itu merupakan hal yang sangat mendasar dalam proses pembelajaran. Misalnya terkait dengan konsep dasar pembelajaran yang harus mempertimbangkan kodrat alam dan kodrat jaman, memahami perkembangan psikologi murid dan sebagainya.

Kedepan saya harus lebih banyak belajar untuk terus mengembangkan diri agar kompetensi semakin meningkat yang akan saya gunakan sebagai modal untuk menuntun murid lebih baik dari sekarang.

Saya akan Menyusun program pembelajaran yang lebih baik dan menguatkan nilai-nilai guru penggerak:

  • Proses pembelajara dengan inovasi di awal pembelajaran melakukan pembiasan untuk meningkatkan budi pekerti murid.
  • Memberikan kebebasan murid untuk mengembangkan kompetensi sesuai dengan keinginannya yang nanti akan di gunakan untuk asesmen.
  • Bekerja sama dengan guru MGMP untuk Menyusun program dan melakukan supervisi dalam pembelajaran.
  • Melakukan refleksi pembelajaran dan hasilnya di gunakan untuk membuat rencana tindak lanjut, untuk perbaikan terus menerus.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline