Lihat ke Halaman Asli

Sutriyadi

Pengangguran

Aplikasi Teknologi Pengasapan Kabinet dalam Pengolahan Ikan Bagi Kelompok Nelayan Desa Teluk Eempening

Diperbarui: 27 Agustus 2022   17:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

TIM PPK Ormawa THP Memberikan Sosialisasi dalam Pengolahan Ikan Asap/dokpri

Tim program penguatan kapasitas organisasi kemahasiswaan ( PPK ORMAWA) Universitas Nahdlatul Ulama Kalbar yang terdiri dari 13 orang dan bekerjasama dengan kelompok nelayan tangkap dan budidaya. Yaitu "Mina Sejahtera dan Nelayan Mandiri" yang didampingi oleh Rizqy Fahria dan Jamaluddin dalam pelaksanaan sosialisasi pertama dalam pengolahan ikan asap di Desa Teluk Empening yang dilaksanakan pada tanggal 30-31 Juli 2022.

Pengolahan ikan asap sangat penting untuk disosialisakan terkait, kebutuhan masyarakat dan nelayan setempat yang masih minim pembinaan dan pengetahuannya dalam mengolah ikan asap, kelompok nelayan dan masyarakat masih  menggunakan cara tradisional dalam mengolah ikan asap, yang mempengaruhi harga jual pada ikan tersebut. 

Harapannya setelah sosialisasi ini masyarakat bisaengolah ikan asap dengan lebih baik dengan menggunakan alat teknologi yang mempermudah mereka dalam mengolah ikan asap dan bisa mengurangi penggunaan cara tradisional yang lebih lama proses pengolahannya.

Sosialisasi pengolahan ikan asap ini bertujuan untuk membantu kelompok nelayan dalam mengembangkan usaha penangkapan dan pengolahan ikan serta meningkatkan penghasilan masyarakat  dan menjadikan salah satu produk ikan unggul di Desa Teluk Empening.

Adapun kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan  pada hari sabtu 30 Juli 2022 yang dihadiri oleh beberapa kelompok nelayan seperti "Mina Sejahtera" dan "Nelayan Mandiri" serta dihadiri juga oleh gabungan kelompok tani di sana. Kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat di sana dan mereka juga sangat mendukung kami dalam pelaksanaan kegiatan ini, mereka juga sangat antusias untuk mengikuti program kami dalam pengolahan ikan asap.

Sosialisasi ini sangat membantu kelompok nelayan di desa tersebut dengan salah satu masalah mereka yaitu masih menggunakan cara tradisional dalam pengolahan ikan asap. Dengan adanya kegiatan ini mendorong budidaya pengolahan ikan asap di Desa Teluk Empening.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline