Lihat ke Halaman Asli

Kongkow Santai menikmati Sedapnya Kuliner Sop Iga Sapi Hj. Umi Fadillah Kuliner unik Khas Pantura Indramayu

Diperbarui: 24 Juni 2015   08:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13783183071399518392

Ngomongin menu makanan saat kita dalam perjalanan maupun berwisata kuliner Nusantara, memanglah tak ada habis-habisnya untuk dibicarakan dan dinikmati. Berbagai Kedai dan warung makan yang menawarkan, menyajikan berbagai bentuk makanan kuliner Nusantara dengan ciri khasnya masing-masing telah menambah kekayaan khasanah Budaya kuliner di Negeri yang syarat dengan keanekaragaman, Budaya, seni, bahasa serta adat istiadatnya ini. Pantaslah kiranya jika Indonesia sebagai Negeri jamrud khatulistiwanya Asia Tenggara inipun dijuluki pula sebagai negeri dengan Sejuta rasa Kuliner Nusantaranya yang beraneka ragam dan pilihan tersebar dari sabang sampai merauke, dari mianas sampai pulau rote.

1378317865176426859

Sekedar rekomendasi untuk para pelancong maupun traveler wistawan kuliner ada rekom tempat yang cukup mumpuni untuk sekedar menikmati santap siang maupun malam. Siapa pun pastinya para penikmat kuliner tradisonal sudah mafhum dengan masakan satu ini, ya.. Sop Iga Sapi Hj.Umi Fadillah Kuliner unik khas Pantura Indramayu yang buka saban hari dari pukul 10.00 (pagi)-jam 22.00 (malam).

1378317169997188829

Warung Makan Sederhana yang menyajikan menu andalannya Iga Sop Sapi ini tidak hanya menawarkan harga yang cukup bersahabat di kocek saku kita, juga memberikan sensasi rasa yang beda di lidah saat menikmatinya. Rumah makan sederhana yang terletak di Pantura pertigaan Desa Muntur Losarang inipun memiliki keunikan yang belum ditemukan di tempat manapun juga disamping tempatnya yang cukup strategis di sekitar kompleks Depan Masjid Baitul Muttaqien Desa Muntur pertigaan belok kiri 100 meter dari pertigaan Losarang. Kelezatan cita rasa kulinernya sudah bisa diakui sebagai salah satu rekomendasi khusus bagi para petualang kuliner Nusantara.

1378317623964763056

Menurut Aa H. Coel julukan akrab Pak H. Syamsul Hadi sang pemilik warung Sop Iga Sapi Hj. Umi Fadilah Khas Pantura ini mengatakan, bahwa warung sederhananya ini, sebenarnya sudah lama ada hampir 5 tahun yang lalu, dimana warung tersebut dahulunya dikelola olehsosok panutannya yakni Bunda Hj. Umi Fadillah hingga beliau tiada. sampai pada akhirnya rahasia warisan cita rasa masakannya inipun dilanjutkan oleh putra-putranya. Menurut Bapak dari 4 putri dan suami dari Ibu Hj. Rihayah AMk ini mengutarakan bahwa dirinya mengelola rumah makan sederhana Hj. Umi Fadilah bersama keluarga besarnya baru berjalan satu tahun dengan tidak bosan-bosannya terus mengembangkan dan memodifikasi resep warisan leluhur dengan tidak mengabaikan kesempurnaan cita rasa dan ciri khas masakan yang biasa orang pantai pesisir utara indramayu nikmati.

Dengan memberi perbandingan dengan kuliner Sop Iga sapi yang sudah ada, Warung makan Sop Iga sapi Hj. Umi Fadillah menawarkan citarasa khas pantai utara dengan tidak mengabaikan mutu, kualitas, dan cita rasa tinggi di lidah saat mengunyah, dagingnya yang empuk, racikan bumbunya yang pas dan keunikan penyajiannya yang tidak saja serba tradisional pun memiliki ciri yang khas tersendiri. Di Rumah Makan sederhana yang lumayan ramai pengunjungnya inipun menawarkan berbagai menu pendamping seperti, Sate Bakar Kambing, Aneka masakan tongkrongan Khas Pantura dan menu minuman yang variatif.

Jika Agan berkunjung ke Rumah Makan Sederhanan Hj.Umi Fadillah pastilah akan merasa terpuaskan. Ibarat pepatah lama mengatakan, berawal dari mencicipihingga terasa nancap di hati, dan ingin merasakannya kembali. Tunggu apa lagi, untuk para traveller wisata kuliner Nusantara yang sempat melewati jalur Pantura Indramayu tak ada salahnya jika Agan mampir dan mencoba masakan Rumah Makan Sederhana Iga Sop Sapi Hj.Umi Fadillah ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline