Berita tentang Yamaha Xabre 150 memperoleh atensi yang cukup besar dari pengagum otomotif roda dua di Tanah Air. Berita akan selekasnya hadirnya keluarga baru Yamaha MT Series itu makin ramai saat di Thailand sana Xabre 150 telah lebih dahulu muncul dengan nama Yamaha M-Slaz. Walau PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) belum memberi info resmi tentang hadirnya Xabre 150, tetapi banyak yang memiliki pendapat kalau sosok M-Slaz Thailand-lah yang nantinya bakal dibawa ke Indonesia dengan nama Xabre 150.
Kehebohan masalah Yamaha Xabre 150 juga makin menjadi-jadi saat netizen Thailand serta sebagian sumber disana sukses mengabadikan sosok utuh M-Slaz yang dipercaya sebagai Xabre 150 versus Thailand. Sebagian spyshot yang mengedar tunjukkan kalau Yamaha Xabre 150 bakal mengusung rencana naked street fighter dengan design bodi yang lebih agresif. Lalu pertanyaan juga nampak? Tidakkah di segmen naked sport bike kelas entry level Yamaha telah miliki New V-ixion? Berita selekasnya hadirnya Xabre 150 memanglah menyebabkan banyak spekulasi.
yamaha xabre
Salah nya ialah hadirnya Yamaha Xabre 150 bakal menggerus pasar Yamaha New V-Ixion yang saat ini masihlah merajai segmen sport bike kelas pemula. Spekulasi lain yang juga cukup masuk akal yaitu Xabre 150 ini didatangkan sebagai jawaban atas kemunculan All New Honda CB150R StreetFire yang mulai menggoyang dominasi V-Ixion. Setelah itu kita beralih di bagian kaki-kaki serta suspensi. Bidang kaki-kaki sendiri adalah satu diantara kelebihan spesifikasi Yamaha Xabre 150 yang mungkin saja tak dipunyai oleh motor sport 150cc yang lain di Indonesia.
Untuk menanggung performa berkendara, Xabre 150 mempunyai basis design rangka yang sama juga dengan Yamaha R15 atau Yamaha V-ixion melalui kerangka berjenis deltabox teleskopik. Dengan rangka deltabox sendiri mempunyai jaminan kwalitas yang cukup terjamin dan populer dengan kestabilan yang tinggi serta gampang dikendarai. Lalu untuk suspensi depannya sendiri, Yamaha Xabre 150 telah dibekali dengan suspensi kelas atas melalui suspensi berjenis Up-Side down atau umum di kenal dengan USD.
Suspensi type ini tawarkan kestabilan tinggi dan bisa sesuai ketingggiannya ikuti kontur jalan. Lantas pada suspensi belakang, seperti motor sport Yamaha yang lain, Yamaha Xabre 150 juga mengusung jenis monoshock yang cukup nyaman waktu dipakai berboncengan. Sedang di bagian pengereman, termasuk standard lantaran Xabre 150 masihlah mengusung pengereman berjenis single disc atau cakram untuk depan serta belakang.
Beralih ke bidang lengan ayun, Xabre 150 telah memakai swing arm berjenis aluminum banana style yang ikut memberi aroma racing serta kesan kokoh dibagian kaki-kaki. Paling akhir untuk ban serta velgnya, spesifikasi Yamaha Xabre 150 tawarkan roda penggerak cukup gambot dengan bekal velg memiliki ukuran 17 M/C-MT 3. 50 untuk depan serta 17 M/C-MT 2. 75 untuk belakang. Velg cast wheel itu lalu dibalut dengan ban memiliki ukuran 110/70-17 M serta 130/70-17 M.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H