Lihat ke Halaman Asli

Sutiono Gunadi

TERVERIFIKASI

Blogger

Pentingnya RTH di Tengah Belantara Beton

Diperbarui: 13 Agustus 2024   10:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tebet Eco Park (sumber gambar: avonturin.id)

Kita sudah mahfum bahwa kota Jakarta sebagai kota metropolitan, pasti dipenuhi gedung bertingkat, baik untuk perkantoran maupun hunian warga. Banyaknya gedung bertingkat ini sering dilukiskan sebagai belantara beton.

Ditambah lagi dengan kemacetan yang parah, sehingga gas buang dari kendaraan berbahan bakar fosil,, berdampak pada pencemaran udara. Masih ditambah lagi dengan asap dari cerobong pabrik yang berada di sekitar kota Jakarta.

Akibatnya udara kota Jakarta sudah dinyatakan kurang sehat. Hal itu ditandai dengan warna langit yang cenderung kelabu dan jarang berwarna biru lagi.

Untunglah pemkot Jakarta tidak berpangku tangan terhadap problem yang satu ini  Guna mengisap asap pabrik maupun asap dari buangan kendaraan bermotor, pemkot telah banyak membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH). Meski jumlahnya masih kurang sebanding dengan luasan belantara beton yang ada.

Kita tentu pernah melihat, mendengar, bahkan mengunjungi taman Monas, taman  Lapangan Banteng, dan taman Semanggi di Jakarta Pusat, taman Menteng, taman Situ Lembang, taman Suropati, Tebet Eco Park di Jakarta Selatan, taman Cattleya di Jakarta Barat, taman Apung di Jakarta Timur dan taman-taman lain yang tidak dapat disebutkan semua.

Dengan adanya taman-taman ini, selain dapat dipergunakan untuk sarana hiburan warga juga berfungsi untuk mengurangi pencemaran udara.

Tebet Eco Park

Salah satu RTH yang pernah saya kunjungi adalah Tebet Eco Park. Taman ini semula bernama taman Honda Tebet, setelah direnovasi namanya diubah menjadi Tebet Eco Park. Taman ini letaknya diperbatasan antara Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Untuk mencapainya cukup mudah dengan menggunakan kendaraan umum. Dengan Trans Jakarta atau Commuter Line turun di stasiun Tebet / Cawang. Bisa dari arah Bogor maupun Tanah Abang via Manggarai.

Tebet Eco Park telah dilengkapi dengan gedung di bagian tengah, yang berfungsi sebagai penyelamat pengunjung bila tiba-tiba turun hujan. Juga dapat berfungsi untuk latihan yoga, makan minum, dan pusat penjualan tanaman hias.

Di sekelling taman tumbuh pohon-pohon tinggi yang rindang, sehingga pengunjung dapat berpiknik maupun mengadakan acara gathering komunitas. Kebersihan taman juga terjaga dengan baik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline