Lihat ke Halaman Asli

Sutiono Gunadi

TERVERIFIKASI

Blogger

Tua Muda Jangan Segan Bergerak

Diperbarui: 18 Juli 2024   10:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi ( sumber gambar: lovepik )

Selama ini kita hanya diingatkan untuk selalu berolah raga. Sebenarnya tujuan utamanya adalah agar tubuh kita bergerak.

Pada saat usia produktif (muda) kita bekerja, baik kerja fisik maupun kerja kantoran. Sudah terbukti bahwa kita yang melakukan kerja fisik, memiliki imunitas maupun kesehatan lebih baik. Yang termasuk kerja fisik, contoh kuli panggul, tukang becak, teknisi, dan lainnya. Terbukti dengan jarang terkena penyakit. Nah, bagi kita yang bekerja kantoran, duduk seharian di depan meja atau notebook, seperti bagian keuangan, disain, atau  riset; kebanyakan dari kita menjadi kurang sehat. Karena otot tidak bergerak selama minimal 8 jam atau lebih.

Agar sehat, kita harus membiasakan memarkir kendaraan agak jauh dari kantor, lalu jalan kaki ke kantor. Bagi yang menggunakan kendaraan umum masih lebih sehat, karena perlu berlari mengejar jadual bus atau kereta api, dan jalan kaki bila harus transit. Atau pergi ke kantor naik sepeda (bike to work). Lalu setiap satu jam setelah duduk selama bekerja,  berdiri dan jalan di sekitar kantor. Bisa ambil minum, pergi ke toilet, melakukan peregangan tubuh, yang penting ada jedah untuk bergerak.

Meski merokok itu tidak sehat, nanun bagi perokok justru lebih banyak bergerak, karena bila ingin merokok, harus ke area tangga darurat di kantor.

Dan pada sore / malam hari atau hari libur, selalu sempatkan untuk berolah raga sesuai hobi.

Bagi kita yang memperoleh fasilitas Work From Home atau Work From Anywhere juga harus melakukan hal serupa. Jangan kebanyakan bekerja sambil rebahan, bekerja dengan notebook di atas ranjang.

Sekarang giliran kita yang sudah pensiun alias sudah tidak bekerja. Jangan seharian berbaring di tempat tidur atau duduk seharian di depan televisi untuk menonton film atau acara olah raga. Kita harus selalu bergerak, bisa menjalankan hobi berkebun, jalan kaki, bersepeda, atau memperbaiki peralatan yang rusak, bila kita hobi dengan pekerjaan teknik. Bagi yang hobi menulis, tiap jam harus melakukan peregangan atau mengambil minum agar tubuh bergerak.

Bila ingin makan, baik muda maupun tua, sebaiknga berbelanja dan masak sendiri. Bila harus membeli di warung atau rumah makan, sebaiknga dilakukan dengan jalan kaki, jangan naik kendaraan privadivatau ojek. Bila pergi ke lokasi yang dekat, rumah tetangga / kelurahan / mini market sebaiknya lakukan dengan jalan kakim

Kesimpulannya, baik tua maupun muda harus selalu.bsrgerak. Kaeena otot yang melemah, akan membuat kita kesulitan berdiri atau berjalan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline