Lihat ke Halaman Asli

Sutiono Gunadi

TERVERIFIKASI

Blogger

Menakar Peluang Indonesia pada Perebutan Piala Thomas & Uber 2024

Diperbarui: 18 April 2024   10:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Piala Thomas & Uber (sumber gambar: bisnis.com)


Kejuaraan bulutangkis beregu selain BATC, dan piala Sudirman yang selalu menarik adalah perebutan piala Thomas & Uber. Kejuaraan ini akan digelar di Chengdu, China, dari 27 April hingga 5 Mei 2024.

Pertandingan terakhir pada 2022, yang tampil sebagai pemegang piala Thomas adalah India, sedangkan piala Uber dipegang Korea Selatan.

Bagaimana peta tahun ini?

a. Piala Thomas

Dari banyaknya kejuaraan yang diadakan BWF, juara silih berganti. Tidak ada seorang pun pemain yang menjadi kampiun secara konsisten. Misal, Jonathan Christie yang berhasil meraih juara All England 2024 dan BAC 2024, sering kali mengalami early exit pada kejuaraan lainnya.

Pada perebutan piala Thomas 2024, Indonesia berada satu group dengan Thailand, India, dan Inggris pada babak penyisihan.

Pada BATC 2024 atau kejuaraan beregu Asia, tim putra Indonesia hanya sampai di perempat final.

Padahal untuk mengamankan jalan ke final, sebaiknya harus menjadi juara group. Jadi, Indonesia harus mampu nengatasi tim tangguh Thailand dan India. Diatas kertas pasti menang lawan Inggris, meski Inggris juga tidak bisa diangfap remeh.

Thailand memang hanya memiliki satu tunggal putra tangguh, yakni Kunlavut Vitisarn. Namun ganda putra mereka cukup tangguh. Indonesia harus memenangi tiga tunggal supaya aman.

India jelas lebih tangguh, India memiliki 3 tunggal putra yang setara, Kidambi, Prannnoy, dan Lakhsya Sen. Juga satu ganda putra peringkat Dua dunia, Radkireddy / Shetty. Indonesia harus berhati-hati agar jangan kalah lagi seperti pada final piala Thomas 2022.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline