Lihat ke Halaman Asli

Sutiono Gunadi

TERVERIFIKASI

Blogger

Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Diperbarui: 4 April 2024   04:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi ( sumber gambar: seratusnews.id)


Selain harus mempersiapkan perjalanan untuk mudik dengan baik, seperti daerah yang akan dikunjungi, menginap dimana, dan menyiapkan keamanan kendaraan, serta prrlengkapannya. Kita juga harus meninggalkan rumah dengan aman, agar saat ditinggal pergi mudik, rusong (rumah kosong) tidak menjadi incaran penjahat spesialis rusong.

Ada tips yang perlu diperhatikan, sebelum pergi meninggalkan rumah, sebagai berikut:

1. Matikan semua peralatan elektronik

Saat ingin mudik, sebaiknya lemari es / kulkas dalam keadaan kosong, sehingga bila aliran listrik dipadamkan, tidak ada makanan yang rusak. Komputer, AC, mesin cuci, televisi, sound system, dan peralatan elektronik lainnya sudah dalam keadaan mati (off). Bila perlu padamkan aliran listrik, dan sisakan lampu untuk di depan rumah dan lampu kebun. Cabut semua kabel dari semua peralatan elektronik guna mencegah terjadinya hubungan pendek listrik.

2. Tutup dan kunci semua jendela dan pintu rumah

Termasuk pintu pagar halaman juga harus ditutup. Bila memiliki sepeda motor atau sepeda, sebaiknya dikunci, dan kunci disimpan dengan aman.

3.  Amankan dokumen penting

Dokumen peting dan barang berharga sebaiknya dititipkan pada safe deposit di bank. Hal ini guna mencegah, bila rumah dibobol maling atau terjadi kebakaran.

4. Matikan semua kran air.

Hal ini untuk mencegah agar jangan terjadi banjir di dalam rumah, gara-gara ada air yang masih mengucur. Juga periksa kondisi gas di rumah, harus dalam keadaan mati. Periksa dapur, semua kompor harus sudah dalam keadaan mati.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline