Lihat ke Halaman Asli

Sutiono Gunadi

TERVERIFIKASI

Blogger

Menggugat Kepedulian Kita Pada Kaum Disabilitas

Diperbarui: 8 Desember 2023   08:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dunia Fantasi (dok: WKJ)


Ingatkah kita bahwa tanggal 3 Desember adalah Hari Disabilitas International ? Ingatkah kita bahwa kita hidup berdampingan dengan kaum disabilitas?

Disabilitas bisa terjadi karena bawaaan sejak lahir, maupun karena sakit atau kecelakaan setelah dewasa. Bisa berupa cacat pada indra seperti tuna netra, tuna eicara, dan tuna rungu. Juga ada cacat pada fisik, seperti lumpuh, tanpa anggota badan tangan atau kaki, atau tidak mampu berjalan apalagi berlari karena harus hidup diatas kursi roda. Banyak kaum disabilitas disekitar kita, sehingga tahun 2023 menetapkan tema "Bersatu Dalam Aksi Untuk Menyelamatkan dan Mencapai SDG's Bagi Dengan dan Oleh Orang-orang dengan Kondisi Disabilitas".

Dalam kehidupan sehari-hari kita kadang-kadsng kurang menyadari adanya kaum disabilitas. Membangun restoran atau kafe mentereng, namun lupa membuat akses untuk kaum disabilitas. Meski secara estetika undak-undakan akan tampak menarik, tetapi bagi kaum disabilitas, terpaksa harus diangkat atau diapah, karena keterbatasannya. Meski sekarang secara bertahap mulai banyak yang peduli, bahkan menyediakan toilet khusus untuk kaum disabilitas.

Sekarang bahkan mulai menjadi trend menjadikan kaum disabilitas mengelola sebuah kafe atau gerai kopi. Bertransaksi dengan bahasa isyarat, sekaligus belajar mengerti pemakaian bahasa isyarat.

Pada transportasi umum, kita juga sering melihat petugas atau petugas keamanan menggandeng  kaum disabilitas untuk dapat menaiki kendaraan umum, baik bus maupun kereta api.

Bahkan pada even olahraga tingkat international, telah diselenggarakan pesta olahraga untuk kaum disabilitas.

Hanya saja untuk berani merekrut kaum disabilitas, bagian HRD masih kurang pede. Mereka selalu kawatir, kaum disabilitas akan bekerja kurang mobile dan merepotkan teman kerja. Padahal bila kaum disabilitas diberikan kepercayaan di posisi 'think tank" mestinya mereka belum tentu kalah dengan yang normal. Sehingga banyak  bagian HRD yang selalu menepikan surat lamaran kerja dari kaum disabilitas, kecuali ada "titipam" dari pejabat terkait yang disampaikan melalui direktur.

Jadi, bertepatan dengan peringatan Hari Disabilitas International ini kembali dingatkan kepada kita untuk lebih peduli pada kaum disabilitas.

Salah satu perusahaan jasa perjalanan wisata di Jakarta, Wisata Kreatif Jakarta (WKJ) guna memperingati Hari Disabilitas International pada tanggal 7 Desember 2023 telah mengadakan perjalanan cuma-cuma bagi kaum disabilitas.

Acara dilakukan di Dunia Fantasi, Ancol, Jakarta. Kita dapat melihat wahah-wajah cerah dari kaum disabilitas yang berkaus seragam  mendapatkan hadiah perjalanan gratis ini. Bermain dengan semua wahana yang tersedia, layaknya mereka yang normal.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline