Lihat ke Halaman Asli

Sutiono Gunadi

TERVERIFIKASI

Blogger

Ragunan, Kebun Binatang Sekaligus Paru-paru Jakarta

Diperbarui: 8 Oktober 2023   10:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilusttasi (sumber gambar: kompas.com)

Sore ini, Koteka, komunitas traveler Kompasiana kembali melaksanakan Koteka Talk 146. Topik jalan-jalan kali ini ke Ragunan, atau kebun binatang-nya kota Jakarta

Ragunan masih berada di dalam kota Jakarta, tepatnya di Jakarta Selatan, sebelumnya Kebun Binatang Jakarta berada di Cikini, Jakarta Pusat, yang kini menjadi Taman Ismail Marzuki.

Sebagai narasumber Koteka Talk kali ini adalah, Chanang yang berdomisili di Jakarta Selatan meski masa kecilnya di Selecta, Batu, Malang.

Chanang ( sumber gambar: Koteka)

Chanang yang berprofesi sebagai Creative Director adalah lulusan Fisipol dan sering mengajak anaknya' sedari masih digendong hingga sudah bisa naik sepeda tandem, maupun sore hari bila ingin olahraga lari.

Untuk masuk ke Ragunan harus membeli tiket secara daring atau luring, seharga empat ribu Rupiah untuk dewasa atau tiga ribu Rupiah untuk anak-anak. Tiket bisa dibayar juga dengan memotong saldo Jakcard.

Bagi pengunjung yang menggunakan transportasi umum disarankan menggunakan bus Trans Jakarta karena bisa turun tepat di depan Ragunan. Sedangkan bagi yang membawa kendaraan pribadi pada akhir pekan harus bermacet ria sepanjang 1 KM dan sebaiknya parkir di Parkir B dan masuk dari pintu Barat.

Chanang senang memilih Ragunan sebagai destinasi wisata Jakarta karena dekat dengan rumahnya, juga masih segar dengan masih banyaknya pepohonan rindang. Sangat tepat dikunjungi untuk memperoleh udara segar disaat Jakarta dinilai idaranya sudah tidak sehat karena tercemar polusi udara.

Ragunan juga sekaligus sebagai sarana edukasi, karena dapat memperkenalkan satwa kepada anak-anak, juga mengajarkan disiplin seperti membuang sampah pada tempatnya agar tidak didenda.

Di setiap kandang pasti ada tulisan nama satwa, seperti gajah, giraffe, orang hutan, buaya, harimau, burung merak, maupun primata, dan masih banyak lainnya. Sebagai orang tua bila kita mendapat pertanyaan sulit dari anak-anak, bisa ditunda dulu menjawabnya. Lalu di rumah bisa minta bantuan  kepada Google atau YouTube untuk mendapatkan jawaban yang akurat.

Selain menyaksikan satwa, di Ragunan juga tersedia fasilitas permainan. Yang sebaiknya selalu diperiksa tingkat keamanannya.

Kalau kita malas membawa sepeda, bisa juga menyewa sepeda biasa atau tandem. Karena untuk mengelililingi area Ragunan bila berjalan kaki akan melelahkan, karena areanya yang sangat luas. Bagi yang membawa lansia, bisa juga menyewa mobil keluarga.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline