Lihat ke Halaman Asli

Sutiono Gunadi

TERVERIFIKASI

Blogger

Vlomaya Perkenalkan Frugal Living

Diperbarui: 12 Agustus 2023   15:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi (sumber gambar merdeka.com)


Vlomaya, sebuah komunitas di Kompasiana yang menghimpun para vlogger / Tik Toker dan pemerhati budaya telah menyelenggarakan bincangpreneur pada Sabtu 12 Agustus 2023 dari jam 10.00 hingga 12.00 secara daring.

Tema yang digelar mengenai pengelolaan keuangan yang nggak ribet. Menurut penjelasan Ketua Vlomaya, Kang Bugi Sumirat, webinar ini adalah yang kedua.

Bulan lalu berkolaborasi dengan KPK (Kompasianer Penggila Kuliner), juga telah mengadakan bincangpreneur secara luring bersama Kopi tertua di Bogor, Bah Sipit.

Pada bincangpreneur kali ini, narasumber adalah Gerry Rachman yang telah berpengalaman dalam dunia keuangan.

Dalam pembukaan webinar, Gerry memberikan pertanyaan yang menggelitik, "siapkkah kita menghadapi masa pensiun?"
 
Bagi kita yang berstatus PNS, setelah pensiun masih menerima uang pensiun. Nah, bagaimana dengan kita yang karyawan swasta? Karena tidak semua perusahaan mengikutkan karyawannya pada program BPJS Ketenagakerjaan yang berupa JP (Jaminan Pensiun). Paling hanya dapat mencairkan JHT (Jaminan Hari Tua). Apakah cukup dana santunan dari JHT ini?

Mari kita berandai-andai, usia pensiun resmi di Indonesia adalah 55 tahun, seandainya kita dapat hidup hingga usia 80 tahun. Dengan asumsi tiap bulan pengeluaran adalah 3;juta Rupiah. Maka untuk pengeluaran hingga usia 80 tahun dipetlukan sekitar 900 juta Rupiah. Bila hidup dengan pasangan, minimal harus tersedia dana 1,8 milyar Rupiah.

Sanggupkah kita menyiapkan dana tersebut? Ini dengan catatan, kita tidak ada pengeluaran untuk rumah sakit atau pengobatan.

Nah, artinya semasa berusia produktif, kita harus pandai mengelola keuangan. Dan setelah pensiun juga masih mampu memperoleh pendapatan, tidak hanya mengandalkan uang pensiun atau JHT saja.

Bagaimana mengelola keuangan yang tidak ribet? Prinsip dasarnya, pengeluaran tidak lebih besar daripada pendapatan.

Yang tergolong pendapatan, adalah upah , bunga deposito , pendapatan tambahan, warisan (bila ada). Sedangkan yang dimaksud dengan upah adalah upah bulanan, upah lembur, bonus tahunan, komisi / incentif, dan gaji ke 13 atau THR. Semuanya dijumlah dalam setahun lalu dibagi 12 itulah pendapatan bulanan kita.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline