Lihat ke Halaman Asli

Sutiono Gunadi

TERVERIFIKASI

Blogger

Vlomaya & KPK Gerebek Kopi Bah Sipit

Diperbarui: 1 Agustus 2023   05:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kopi Bah Sipit (dokpri)

Salah apa Kopi Bah Sipit Bogor sampai kena gerebek KPK? Jangan salah mengerti, KPK yang ini bukannya Komisi Pemberantasan Korupsi melainkan Kompasianer Penggila Kuliner. Hobinya memang menggerebek gerai kuliner. Kali ini KPK berkolaborasi dengan Vlomaya, komunitas Vlogger pemerhati budaya mengadakan bincangpreneur dengan Kopi Kacamata Bah Sipit Bogor.

Prosesnya cukup panjang, semula aku pikir  acara ini hanya acara Vlomaya, karena aku peroleh bocoran info A1 dari Kang Bugi Sumirat. Ternyata di laman Temu Kompasiana muncul acara ini kolaborasi KPK dan Vlomaya. Terpaksa daftar dulu, sambil harap-harap cemas keangkut nggak ya, karena dua komunitas bergabung, berarti peluang berkurang 50%. Eh ternyata diterima bersama 14 Kompasianer lainnya.

Pada hari H, tepatnya Sabtu 29 Juli 2023, aku berangkat dari Tangerang Selatan ke Bogor. Aku sempat nyasar ke gerai Kopi Kacamata Bah Sipit, ternyata venue acara bukan disitu.

Gerai Kopi Bah Sipit cukup minimalis. Kira-kira berukuran 4x3 meter yang diperuntukkan untuk etalase kopi dengan lemari-lemari jadul. Termasuk ruangan kasir dan dua mbak yang melayani penyeduhan kopi manual, tanpa mesin espresso seperti kebanyakan kopi kekinian yang lagi menjamur.

Etalase (dokpri)

Alat grinding dokpri)

Rupanya Kopi Kacamata Bah Sipit ini sudah berdiri sejak 1925, artinya 2 tahun mendatang sudah satu abad umurnya.

Ruang pelanggan hanya terdiri 3 meja dengan sepasang kursi di tiap meja (sebenarnya empat, diambil satu untuk talk show). Di bagian latar belakang terpasang giant banner yang bercerita tentang kopi, khususnya kejadulannya, sehingga bisa disebut Kopi Tertua di Bogor. Disitu juga dipajang foto-foto jaman dulu yang sudah mulai menguning karena usia. Sebuah bisnis yang menarik bagi penggemar Heritage dan Gastronomi.

Giant banner (dokpri)

pilihan kopi (dokpri)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline