Lihat ke Halaman Asli

Sutiono Gunadi

TERVERIFIKASI

Blogger

Koteka Trip 4 Kunjungi Tebet Eco Park

Diperbarui: 2 Juli 2023   21:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ISampul buku (dokpri)


Minggu 2 Juli 2023 Koteka, komunitas traveler Kompasiana berkolaborasi dengan Ketapels, komunitas Kompasianer yang berdomisi di Tangerang Selatan dan sekitarnya kembali mengadakan kegiatan wisata luring. Kalau pada Koteka Trip sebelumnya mengunjungi Kudus, Sukabumi dan beberapa tempat ibadah di Jakarta, kali ini destinasi yang dipilih adalah Tebet Eco Park.

Asal mulanya usulan dari mas Ony salah satu admin Koteka yang rumah orang tuanya di Tebet, Jakarta Selatan sering berolahraga di Tebet Eco Park. Usulan ini disambut dengan antusias oleh mbak Denik, Ketua Ketapels, hingga akhirnya kegiatan ini dibahas secara serius hingga sampai ke Jerman, tempat domisili Ketua Koteka, mbak Gana.

Pembahasan langsung deal, dan diumumkan pendaftarannya melalui Temu Kompasiana. Rupanya wisata di dalam kota kurang diminati oleh Kompasianer, entah karena belum tahu atau sudah punya acara lain.

Meski kegiatan ini kolaborasi dua komunitas, ternyata hanya dihadiri sekitar 15 peserta.

Pada Hari H, mbak Denik dan mas Is membawa tikar untuk lesehan di taman. Diumumkan melalui group WA bahwa peserta harus sudah mendaftar dulu diaplikasi Jaki agar dapat masuk ke area taman, ditentukan kita berkumpul di bagian Selatan.

TEP (sumber : wisatamilineal com)


Untuk nenju Tebet Eco Park tidak sulit, bisa melalui KRL atau bus kota / TJ. Penulis dari Tangerang Selatan menggunakan KRL Dua kali transit, di stasiun Tanah Abang dan Manggarai lalu naik KRL tujuan Bogor dan turun di stasiun Tebet. Dari stasiun Tebet ke Taman Eco Park hanya 1,5 km dengan jalan kaki selama 15 menit, melalui jalan Tebet Raya dan Tebet Timur Raya. Letak Tebet Eco Park di jalan Tebet Barat Raya. 

Sebenarnya lebih dekat dari stasiun Cawang hanya 1 km. Tetapi karena penulis lebih familiar dengan kawasan Tebet tetap memilih dari stasiun Tebet. Sekaligus nostalgia, karena kawasan Tebet adalah kawasan di Jakarta Selatan, yang pertama kali penulis kunjungi, karena rumah paman dan saat wawancara kerja praktek di salah satu kantor perusahaan minyak Prancis.

Rupanya kawasan Tebet sudah banyak berubah. Kalau dulu murni kawasan perumahan dan perkantoran, kini sudah banyak salon, gerai makanan dan minuman, juga sudah ada trotoar yang menguntungkan bagi pejalan kaki.

Setibanya di Tebet Eco Park, teman-teman sudah berkumpul, termasuk narasumber Utami Isharyani.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline