Lihat ke Halaman Asli

Sutiono Gunadi

TERVERIFIKASI

Blogger

5 Alasan Mudik, yang Pertama Paling Utama

Diperbarui: 25 April 2023   05:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sungkem (sumber: kronika.id)


Pada akhir bulan Ramadan selalu para pekerja berburu cuti  kerja, agar dapat mudik alias pulang ke kampung halaman. Meski harus dengan beaya mahal serta menghadapi kemacetan di jalan saat menuju ke kampung halaman, dan kelelahan karena kita dalam hari-hari puasa akhir. Namun kita sangat bersemangat untuk mudik.

Ada beberapa alasan mendasar yang menjadi penyebab kita sangat ingin mudik. Mau tahu alasannya?

1. Kerinduan pada orang tua dan keluarga

Saat penulis pertama kali merantau ke Jakarta, alasan utama mudik adalah ingin bertemu orang tua di kampung halaman. Hari Raya Idul Fitri setelah sholat Ied adalah saat paling tepat untuk mengucapkan selamat Lebaran (sungkeman) sekaligus minta maaf kepada orang tua. Juga kalau kita sudah berhasil, lalu  memberikan hadiah kepada orang tua.

Memang beberapa tahun kemudian setelah orang tua meninggal dunia, kita  tidak begitu nekad untuk mudik. Selama masih ada orang tua, kita sangat ingin berbakti kepada orang tua.

Karena setelah orang tua meninggal dunia, kita paling bertemu saudara atau paman / bibi, teman dan tetangga masa kecil. Yang nilainya tidak setinggi dibandingkan orang tua.

Mudik ke kampung halaman sekaligus kesempatan untuk reuni keluarga.

2. Berkumpul di rumah masa kecil

Suasana rumah di masa kecil meski kondisi rumah jelek, namun memiiki nilai nostalgia yang tinggi. Kita masih ingat saat pertama kali belajar berjalan, belajar naik sepeda maupun makan makanan masakan Ibu sehabis sekolah. Semua ini memiliki nilai historis yang tinggi.

3. Menghilangkan rasa rindu pada kuliner tradisional

Meski di Jakarta semua tersedia, namun kuliner tradisional dengan citarasa khas kedaerahan tidak mungkin dapat dirasakan di Jakarta. Contoh saja, bila kita makan di kampung halaman untuk menyenduk makanan masih menggunakan senduk dari daun yang disebut suru, dan menggunakan piring dari daun yang disebut pincuk. Di Jakarta semua sudah  disajikan dengan piring dan senduk. Jadi rasanya sangat berbeda. Juga jajan pasar khas kedaerahan jarang diketemukan lengkap. Suasana pasar tradisional yang khas juga membawa memory tersendiri. Belum lagi menikmati masakan Ibu adalah citarasa yang paling langka.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline