Lihat ke Halaman Asli

Nongki Cantik di Kopi Lumbung Mataram (Day 2)

Diperbarui: 10 Maret 2023   13:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Click (dok: Click)


"Click Goes to Yogya" hari kedua Click nongkrong cantik di Kopi Lumbung Mataram. Kopi Lumbung Mataram adalah sebuah resto dengan konsep kembali ke alam.

Dinamakan Kopi Lumbung Mataram karena gerai kopi sedang naik daun. Resto yang dibangun dari rumah asli bangunan tahun 1750 itu tidak melulu menjajakan minuman, tetapi juga makanan. Jenis makanan tidak terlalu berat seperti mie godog Jawa, mie goreng Jawa, mendoan, pisang goreng dan ubi goreng. Kopinya juga beraneka ragam seperti kopi madu, kopi rempah, dan lain-lain. Yang peñting harganya sangat ramah di kantong.

Kopi madu (dokpri)


Selain menu standar, bila ada pelanggan dengan jumlah tertentu dapat meminta menu tertentu, bahkan makanan secara prasmanan. Yang menarik mulai malam Jum'at, Sabtu hingga Minggu penggemar musik oldies akan dihibur oleh musik hidup yang dibawakan oleh para lansia  pada hari biasa hanya diputarkan lagu-lagu berlanggam keroncong.

Resto kuno ini dibuat dengan konsep rumah Jawa sangat cocok bagi kita yang menggemari suasana tenang. Dengan aneka pilihan tempat duduk, termasuk yang berbentuk  seperti kandang sapi, joglo, selasar sehingga memberikan pengalaman yang berbeda.

Kandang sapi (dokpri)


Resto ini dapat menampung hingga 400 pengunjung, sehingga dapat digunakan untuk pesta pernikahan. Bahkan tetap buka pada hari puasa, untuk buka puasa bersama.

Resto ini dibuka pada Desember 2020, yang mendukung program Dinas pertanian DIY untuk mengupayakan swasembada pangan bagi warganya. Dengan luas 1 HA, resto ini cukup leluasa menampung banyak pengunjung, demikian penjelasan pemilik resto ini yang enggan disebutkan namanya. Untuk bahan baku, resto ini juga memanfaatkan dari lingkungan sekitar.

 Bersama penulis (dok: Click)


Resto yang terletak di Purbayan Kotagede ini buka dari jam 7.00-22.00 WIB. Dengan memberdayakan karyawan dari lingkungan sekitar restoran untuk membantu lingkungan. Rencana pengembangannya akan membuka homestay dengan kolam renang.

Bagi yang sedang berwisata ke Yogya, yuk mampir ke Kopi Lumbung Mataram untuk mendapatkan pengalaman baru.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline