Lihat ke Halaman Asli

Sutiono Gunadi

TERVERIFIKASI

Blogger

3 Sifat Buruk Akibat Kepo

Diperbarui: 25 November 2022   05:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kepo (sumber: tribunnews.com)


Kata 'kepo', kini sudah masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Namun masih banyak orang yang belum tentu mengerti artinya.

Sering dalam pembicaraan antar teman, muncul kata-kata 'koq kepo bener sih' atau 'kepo amat sih lu'. Bila ada orang yang bertanya sangat detil dan dalam, bak seorang wartawan yang sedang bertanya pada narasumbernya.

Apakah kepo itu? Ada yang menyebutkan berasal dari bahasa Tionghoa, tetapi ada pula yang mengatakan singkatan dari bahasa Inggris 'knowing every partical object'. Ya, orang kepo adalah sebutan bagi seseorang yang rasa ingin tahunya berlebihan. Dia sangat curious sedalam-dalamnya bahkan sedetil-detilnya pada masalah orang lain.

Keburukan akibat sifat kepo ini adalah:

1. Hidup tidak tenang

Orang kepo bila melihat orang lain sukses, dia akan selalu penasaran, iri hati dan merasa tidak senang. Selalu muncul di pikirannya, kenapa orang ini bisa sukses, kenapa saya tidak, apa yang telah dilakukannya. Hidupnya selalu gelisah.

Sebaliknya, bila orang kepo melihat orang yang gagal, dia juga gelisah. Kenapa orang ini bisa gagal, padahal orangnya baik, dan senang menolong. Hidupnya selalu gelisah, hidupnya tidak pernah tenang dan damai.

2. Akan dijauhi orang lain

Orang kepo selalu ingin tahu urusan orang lain, dan dampaknya setelah mengetahui selalu ingin menyebarkan yang diketahuinya ke banyak pihak Akibatnya orang akan kurang percaya pada dia, karena masalah seseorang bisa doumbar semua gue olehnya. 

Orang kepo memiliki kecenderungan seperti WTS (Wartawan Tanpa Suratkabar), is selalu ingin memberitakan yang diketahuinya ke orang lain,seolah-olah ingin disebut sebagai orang yang maha tahu. karena kebawellannya ini, akibatnya orang jadi jengah dekat dengannya. Akibatnya dia akan kehilangan banyak teman, termasuk orang yang akan memberikan dia peluang bisnis.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline