Lihat ke Halaman Asli

Sutiono Gunadi

TERVERIFIKASI

Blogger

Keramik Plered yang Mendunia

Diperbarui: 2 Oktober 2022   18:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Keramik (dokpri)

Bagi Anda yang senang berkebun, pasti banyak mengkoleksi keramik sebagai pot tanaman. Tahukah Anda bahwa sebagian besar keramik indah itu buatan Plered,, yang terdapat di Kabupaten Purwakarta. Harga keramik diluar Plered dapat menjadi bsrlipat-lipat dari harga ditempat asalnya.

Keramik terbuat dari bahan tanah liat. Proses pembuatan keramik harus melalui penjemuran sekitar 2-3 hari, juga harus melalui proses pembakaran dengan suhu tinggi. Proses terakhir adalah menghias dan membentuk supaya menarik dan indah. 

Terdapat sebuah film lama (1990) yang diperankan Demi Moore dan Patrick yang membuat proses pembuatan keramik menjadi terkenal, yaitu " Ghost".

Keramik Plered terdapat dua jenis, berdasar fungsi dan hiasan. Dapat dibentuk menjadi cangkir, vas bunga, kendi dan perabot rumah tangga lain hingga untuk interior taman dan kolam.

Keramik (dokpri)

Keramik Plered sudah sangat terkenal, banyak diminati orang asing, sehingga sudah memiliki pasar ekspor di Amerika dan Eropa.

Guna menunjang pemasaran, dan membina tegenerasi pengrajin keramik serta merencanakan produk yang akan diproduksi dibentuklah Sentra Keramik atau Pusat Penelitian dan Pengembangan Keramik. Litbang di Plered ini juga membantu memberikan edukasi untuk pengrajin keramik dari daerah lain di Indonesia.

Di Sentra Keramik Plered, pengunjung dapat belajar mengenai keramik, membuat berbagai kerajinan keramik selain belanja keramik tentunya.

Salah satu agenda kunjungan pada Koteka Trip ke Purwakarta adalah mengunjungi Sentra Keramik. Rombongan mendapat penjelasan mengenai keramik dari UPTD Litbang  Keramik yang didampingi dari Dispar Pariwisata Kabupaten Purwakarta.

Penjelasan keramik (dok: Warga Kota)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline