Lihat ke Halaman Asli

Sutiono Gunadi

TERVERIFIKASI

Blogger

Program "Berani Gundul" Kumpulkan Dana 335 Juta Rupiah

Diperbarui: 2 Maret 2022   11:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jumlah Dana (dok: Hariyanto)

Senin 28 Februari 2022 adalah Hari Kanker Anak Sedunia, yang bertepatan dengan peringatan libur nasional Isra Miraj. Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) telah menyelenggarakan pengumpulan dana untuk menolong anak-anak pejuang kanker. Baik untuk berobat,  transportasi maupun perawatan lanjutan bagi anak-anak dari kalangan kurang mampu secara ekonomi. Aksi pengumpulan dana ini  bertajuk "Berani Gundul".

Acara diselenggarakan di Mall Paragon, Semarang jam 11.00, sebelumnya telah dipromosikan melalui Tik Tok oleh seorang pengusaha Semarang, Hariyanto Halim yang mengajak tokoh-tokoh masyarakat di Jawa Tengah dan Semarang untuk "Berani Gundul".

Promosi ini mendapat tanggapan positif dari Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, yang tagar "Ganjar Berani Gundul" berhasil mengetuk hati kedermawanan pengusaha di Semarang paling tinggi sebesar 50 juta Rupiah, baik sebelum maupun pada hari H pelaksaaan penggundulan rambut tersebut. Tiga pejabat lain juga ikut mengikuti aksi gundul ini, yakni Walikota Semarang, Kapolwiltabes Semarang, dan Dandim Semarang. Bahkan ada seorang wanita yang berani dundul (mbak Ulin) namun hanya berhasil mengumpulkan dana sebesar 25 juta Rupiah lebih saja.

Mbak Ulin (dok: Hariyanto)

Beberapa tokoh masyarakat kota Semarang lainnya juga ada yang mengikuti aksi penggundulan rambut ini sebagai pernyataan solider kepada anak-anak pejuang kanker. Meski rambut adalah mahkota bagi tiap pribadi, namun mereka rela digunduli demi menyemangati anak-anak pejuang kanker. Dana yang terkumpul, langsung ditransfer ke rekening Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia.

Teknis pelaksanaan, orang yang berani dicukur gundul datang ke lokasi, lalu dicukur seperti biasanya hanya saja dengan model gundul. Khusus pejabat keberanian gundul ini ditawarkan agar para dermawan tergugah menyumbangkan dana untuk menolong pengobatan anak-anak penderita kanker. Orang yang ikut digunduli, tidak merasa malu, seperti mengenakan topi, tetapi mereka justru asyik tertawa sambil berpotret bersama dengan teman-temannya.

Secara total pihak Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia melaporkan berhasil mengumpulkan dana senilai 280 juta Rupiah pada akhir acara. Namun  hingga malam ini sumbangan masih mengalir, hingga diperoleh total dana terkumpul mencapai Rp. 335.455.112,-

Gundul adalah sikap sepenanggungan dengan anak-anak penderita kanker yang sering rambutnya rontok akibat penyinaran. Dan cara yang dilakukan YKAKI ini sungguh tepat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline