Lihat ke Halaman Asli

Sutiono Gunadi

TERVERIFIKASI

Blogger

Apa yang Dilakukan untuk Menyambut Hari Pahlawan?

Diperbarui: 10 November 2020   11:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hari Pahlawan (sumber: covesia.com)

Hari ini 10 November selalu diperingati secara nasional sebagai Hari Pahlawan. Penetapan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan mengacu pada peristiwa heroik yang terjadi di kota Surabaya 10 November 1945. Saat itu pemuda- pemudi Surabaya dan sekitarnya bersatu padu melawan pasukan Sekutu yang dipimpin oleh Jendral berkebangsaan Inggris dan ditumpangi pasukan Belanda yang ingin kembali menjajah Indonesia setelah terusir oleh Jepang.

Kini 75 tahun telah berlalu, apa yang harus dilakukan untuk mengenang dan melestarikan semangat perjuangan para pahlawan yang rela mengorbankan harta bahkan nyawa guna mempertahankan kemerdekaan Indonesia?

Ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan para millenial yang belum pernah merasakan berjuang melawan penjajah, kini yang harus dilakukan adalah mendukung program Pemerintah guna mencapai Indonesia Maju.

Guna tetap memelihara semangat pahlawan, Anda dapat melakukan beberapa tindakan nyata diantaranya menyaksikan film-film bertema perjuangan yang pernah dibuat dan biasanya diputar ulang pada awal November.  Membaca kisah perjuangan para pahlawan melalui buku biografi yang tersedia di perpustakaan.

Anda juga dapat mengunjungi museum perjuangan yang menampilkan sejarah dan diorama perjuangan para pahlwan. Tak ada salahnya Anda melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan yang terdapat di kota Anda guna mengenang dan menghormati pahlawan yang telah gugur di medan perang.

Sebagai generasi muda yang sudah bekerja maupun masih belajar (kuliah atau sekokah), Anda dapat bekerja dan belajar dengan giat, melawan setiap tindakan korupsi dan penyelewengan.

Pada era pandemi Covid-19 Anda juga dapat menjadi "pahlawan" masa kini dengan menjadi relawan tenaga medis serta menggerakkan ketaatan melaksanakan protokol kesehatan di lingkungan dan komunitas dengan konsisten terhadap 3M : memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer dan menjaga jarak.

Anda juga dapat menggerakkan UMKM dengan memberikan penyuluhan cara pemasaran yang efektif guna menggerakkan roda perekonomian negara.

Yang penting Anda jangan bangun kesiangan hari ini sehingga tidak mendapat gelar 'pahlawan kesiangan'. Selamat Hari Pahlawan 2020.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline