Lihat ke Halaman Asli

Sutiono Gunadi

TERVERIFIKASI

Blogger

Membuat Daftar yang Harus Dikerjakan

Diperbarui: 6 September 2020   21:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Daftar yang harus dikerjakan (sumber: forbes.com )

Apa yang harus Anda kerjakan hari ini? Banyak karyawan yang pergi ke tempat kerja dengan tanpa perencanaan apapun yang akan dia kerjakan hari ini. Akibatnya saat mulai bekerja, mengambil secara acak apa saja yang dapat dikerjakan. Hasilnya kadang dapat mengecewakan karena tugas yang penting,,  belum terselesaikan. Sebaliknya tugas yzng kurang penting malahan sudah dikerjakan.

Itulah sebabnya John de La Fontaine  menyarsnkzn agar tiap hari karyawan harus membuat daftar pekerjzan yang harus dlkerjakan. Dan agar tiap hari selalu mematuhi dafar yzng telah dibuat, hendaknya daftar itu diletakkan pada tempat yang mudah terlihat dan terjangkau.

Membuat daftar yang harus dikerjakan juga tidak boleh sembarangan. Ada aturannya agar brrmanfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Susunlah daftar yang akan dikerjakan mulai dari yang paling penting. Letakkan tugas yang paling penting di bagian atas sebagai prioritas. Bukan menempatkan tugas yang paling mudah, yang paling disukai  atau yang paling sulit yang harus dikerjakan dulu. Kualitas jauh lebih penting dari kuantitas. Jadi jangan menuliskan tugas yang mudah yang cepat selesai atau menuliskan tugas yang sulit tetapi berakibat tidak ada yang selesai pada hari itu, sehingga merasa hari itu sudah merasa gagal menyelesaikan pekerjaan. Prioritaskan tugas yang paling penting terlebih dulu. Karena dengan menyelesaikan tugas-tugas penting Anda sudah meningkat produktivitas kerja Anda.

Juga tulisah pada daftar yang penting-penting saja, jangan semua tugas dimasukkan, karena daftar yang terlalu panjsng akan menjadi tidak efektif.

Setelah daftar selesai dibust, periksalah kembali dan coret dari daftar tugas yang tidak terlalu penting untuk dikerjakan seperti yang disarankan oleh Brian Tracy.

Buatlah daftar ini setiap malam agar keesokan hari Anda susah siap dengan tugas mana yang harus dikerjakan dulu.

Selain iu Anda juga perlu menyisipkan daftar ang harus dilakukan seperti memuji bawahan, memotivasi bawahan, menulis hal-hal yzng patut disyukuri dan lain-lain.

Percayalah, dengan perencanaan yang nstang dalam membuat daftar yang harus dikerjakan Anda telah meningkatkan produktivitas Anda.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline