Lihat ke Halaman Asli

Sutiono Gunadi

TERVERIFIKASI

Blogger

Gradbot Membuat Wisuda Unik

Diperbarui: 28 Juni 2020   20:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gradbot (sumber: i.grid.id)

Ada sesuatu yang unik pada prosesi wisuda Program Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor Universitas Kristen Satya Wacana  (UKSW) Salatiga.

Terkait pada upaya pencegahan penularan virus Corona di Indonesia, wisuda UKSW hari Sabtu 27 Juni 2020 tidak dihadiri oleh para wisudawan, meski kini sudah memasuki tahapan New Normal.

Karena tidak dihadiri oleh wisudawan, maka wisudawan mengikuti prosesi wisuda secara virtual. Hanya saja untuk menggantikan wisudawan dihadirkan sebuah robot yang dijuluki Gradbot (Graduation Robot) yang lengkap mengenakan toga pelantikan. Pada wajah robot dipasang sebuah tablet PC yang menampilkan wajah wisudawan saat dipanggil menghadap Rektor.

Penggunaan robot ini tidak terlalu mengherankan  karena salah satu fakultas di UKSW yakni Fakultas Teknik Jurusan Elektronika dan Komputer (FTEK) telah sering memenangkan lomba robotik tingkat nasional. Jadi menghadirkan Gradbot bukanlah sesuatu yang menyulitkan. Gradbot ini karya dari Robot Research Centre Fakultas Teknik Jurusan Elektronika dan Komputer UKSW.

Penyerahan map berisi ijasah secara simbolis serta pemindahan tali kuncir tetap dilakukan oleh  Rektor UKSW Dr. Neil Semuel Rupidara. 

Dalam sambutannya, Rektor berharap para lulusan UKSW mampu memetik hikmah dibalik peristiwa yang menyedihkan ini. Para wisudawan di dalam masyarakat harus mampu menyesuaikan diri pada semua kondisi baik maupun buruk. Serta terus berpikir positif guna menggapai asa kehidupan yang lebih baik. Para wisudawan harus mampu menghadapi setiap kesulitan hidup.

Pada wisuda kali ini UKSW meluluskan 2 orang dari program Diploma, 607 orang dari program Sarjana,  71 orang Magister dan 6 orang Doktor.

Meski tidak dihadiri wisudawan dan keluarga prosesi wisuda ini dapat disaksikan melalui kanal Youtube secara live.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline