Lihat ke Halaman Asli

Sutiono Gunadi

TERVERIFIKASI

Blogger

"Enter the Fat Dragon", Kegigihan Seorang Polisi Mengejar Karier dan Cinta

Diperbarui: 27 Januari 2020   08:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Poster film (sumber: cityonfire.com)

Film ini dari judulnya sudah jelas merupakan film parodi atau plesetan dari film box office Bruce Lee berjudul "Enter the Dragon" (1973). Bruce Lee berhasil membasmi kejahatan dengan keahlian kung fu nya. Film ini juga merupakan remake dari film berjudul sama produksi tahun 1978 (Samo Hung).

Film ini berkisah tentang Fallon Zhu (Donnie Yen) seorang polisi dengan bobot ideal 66.4 kg, tampan dan disegani rekan-rekannya di Kepolisian Hong Kong karena disiplin yang tinggi dan keahlian kung fu nya.

Suatu saat, Fallon Zhu sedang merencanakan pemotretan pre wedding dengan tunangannya, Chloe (Niki Chow) seorang artis yang sedang naik daun kariernya. Sambil menunggu Chloe menyelesaikan pengambilan gambar pada salah satu filmnya, Fallon menunggu pada sebuah bank. Sialnya, pada saat itu terjadi perampokan bank, dan Fallon sebagai polisi teladan tidak bisa berdiam diri. Ia memancing perampok sehingga terjadi kejar mengejar.

Menyadari keadaan tidak menguntungkan, perampok segera meninggalkan bank dan melarikan diri dengan mobil yang sudah disiapkan. Fallon mengejar hingga berhasil memasuki mobil perampok. Terjadi perkelahian di dalam mobil perampok, hingga Fallon mampu menguasai mobil, tentunya setelah menundukkan seluruh perampok. Naasnya, mobil perampok remnya blong hingga Fallon terpaksa menghentikan di kantor polisi dan nyaris membunuh Kepala Polisi.

Fallon yang gagal melakukan pemotretan pre wedding, terlibat pertengkaran dengan tunangannya Chloe. Chloe kalap dan menyerang Fallon, namun berakibat cidera sehingga Chloe harus dibawa dengan ambulance ke rumah sakit. Chloe memutuskan hubungan pertunangannya karena tidak menyukai pekerjaan Fallon sebagai polisi.

Sersan Fallon di skors dari kepolisian, ironisnya temannya Shing Huang (Louis Cheung) mendapat promosi menjadi inspektur, sedangkan Fallon dipindahkan ke bagian barang bukti. Akibat jarang bergerak dan pekerjaannya membosankan serta patah hati karena gagal menikah dengan Chloe, Fallon menjadi stress dan dia berubah suka makan guna mengobati luka hatinya.

Merayakan ulang tahunnya sendiri juga dengan makan hingga tanpa terasa tubuhnya membengkak dan bobotnya naik menjadi 114 kg. Beruntunglah, Fallon ditugaskan mengawal penjahat yakuza ke Jepang dan secara kebetulan bertemu Chloe di dalam pesawat. Chloe saat itu sedang di kontrak perusahaan Jepang. Fallon hanya sempat menasehati Chloe agar jangan terlalu dekat dengan yakuza, namun diacuhkan oleh Chloe.

Fallon ketika menjadi gemuk (sumber: malaysia.news.yahoo.com)

Fallon dan Yuji dijemput Kepala Polisi Tokyo Endo (Naoto Takenaka) dan Maggie (Jessica Jann). Yuji, penjahat yang dikawal Fallon dapat kabur saat tiba di jepang dan penerjemah Maggie memberitahukan kasus ini pada Huang. Akibatnya Fallon kena marah dari Huang.

Di kantor polisi Jepang, Fallon ketemu dengan Thor (Wong Jing), seorang mantan polisi HongKong yang dikenal dengan julukan Hard Boiled. Pacar Thor seorang wanita cantik pemilik warung makan (Teresa Mo). Saat sedang diperas oleh preman HongKong di Tokyo Jepang, datanglah keponakannya, Chaney Lin (yang jagoan Taekwondo yang diperankan aktor termuda dalam film ini Lin Qiunan).  Fallon menolong hingga dikeroyok kelompok triad di Jepang.

Akhirnya Yuji diketemukan sudah tewas mengambang di sungai dengan tubuh penuh luka dan disebut oleh polisi jepang sebagai tindakan bunuh diri.
Dari foto yang didapat, diketahui penjahat berada di Tsukiji sebuah tempat pelelangan ikan. Terjadi keributan di pasar ikan tersebut setelah para yakuza ketahuan memuat narkoba yang tersimpan di dalam tubuh ikan. Rupanya para penjahat yakuza sangat dekat dengan Kepolisian Jepang bahkan dengan Kepala Polisi.

Chloe ternyata menjadi karyawan kepala yakuza, Shimakura. Fallon sempat menasehati Chloe lagi, setelah berhasil menundukkan kawanan yakuza di pasar ikan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline