Lihat ke Halaman Asli

Sutiono Gunadi

TERVERIFIKASI

Blogger

Anak Bertanya kepada Bapaknya tentang Infrastruktur (2)

Diperbarui: 10 Februari 2019   11:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jalan Trans Papua (sumber: www.misterikisah.com)


Pemerintah sekarang (era presiden Joko Widodo) sangat mengutamakan pembangunan infrastruktur, baik jalan raya, jalan bebas hambatan, jalan kereta api, bandara, pelabuhan, jembatan, bendungan, kelistrikan, air bersih dan lain-lain.
Anak : "Pak, kenapa Pemerintah sekarang sangat mengutamakan pembangunan infrastruktur, apakah rakyat miskin bisa dikenyangkan dengan infrastruktur ?"
Bapak : "Nak, mari berpikir secara holistik, jangan berpikir sempit. Memang benar, rakyat miskin perlu makan nasi, bukan makan jalan bebas hambatan.  
Pembangunan infrastruktur misalnya jalan raya di pelosok negeri, seperti di Papua, Kalimantan dan Sulawesi adalah untuk kepentingan rakyat juga. Kalau mau sekedar pencitraan, Pemerintah sekarang bisa saja menggenjot pembangunan di pulau Jawa yang penduduknya lebih padat, sehingga bakal mendulang suara lebih banyak pada pilpres berikutnya.
Dengan membangun infrastruktur di pedalaman, hasil pertanian maupun hasil karya rakyat dapat dengan cepat, lancar dan efisien dikirim ke daerah lain. Perekonomian menjadi merata di semua daerah, harga-harga tidak mengalami perbedaan tinggi antar daerah, akibatnya pemerataan keadilan sosial akan lebih cepat terwujud dan otomatis akan mengurangi jumlah rakyat miskin."
Anak : "Bukannya dengan membagikan bantuan bagi rakyat miskin jauh lebih mudah dan cepat daripada membangun infrastruktur ?"
Bapak : "Begini nak, teori keadilan sosial mengatakan berikan kail kepada rakyat, jangan berikan ikan, agar rakyat lebih mandiri.
Dengan sekedar memberikan bantuan kepada rakyat miskin, Pemerintah bak Sinterklaas yang membagikan hadiah pada awal Desember, akibatnya rakyat menjadi malas dan hanya mampu menadahkan tangan saja.
Dengan membangun infrastruktur, rakyat akan mampu keluar dari kemiskinan, karena hasil karya maupun hasil buminya mampu dipasarkan lebih cepat dan mudah. Uangpun bisa terkumpul, roda perekonomian berputar dan kemiskinan pelan tapi pasti sirna. Rakyat dapat hidup layak dan mampu mengembangkan potensinya sehingga terentas dari lembah kemiskinan.
Demikian pula dengan proyek kelistrikan, anak sekolah bisa belajar lebih tekun, proyek air bersih akan meningkatkan kesehatan rakyat, proyek jembatan akan memudahkan anak sekolah menuju sekolah tanpa harus berenang mengarungi sungai dan hasil bumi terangkut lebih cepat ke pasar sehingga terhindar dari kebusukan dan kerugian.
Proyek jalan raya akan membebaskan rakyat dari kemacetan panjang dan memperbaiki transportasi darat, demikian pula proyek kereta api. Proyek pelabuhan dan bandara akan meningkatkan transportasi laut dan udara. 
Bendungan akan mengurangi banjir dan mengatur pengairan di sawah-sawah sehingga hasil pertanian akan meningkat." 
Anak : "Wah, sungguh brilliant pemikiran Pemerintah sekarang ya pak. Jadi orang yang mencap Pemerintah sekarang gagal, itu salah besar ya. Mungkin mereka hanya iri, atau gemas karena tidak bisa lagi menggerogoti kue pembangunan karena sistem anggaran yang ketat dan transparan."




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline