Lihat ke Halaman Asli

Sutiono Gunadi

TERVERIFIKASI

Blogger

Kaleidoskop 2018, dari A-Z

Diperbarui: 27 Desember 2018   20:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Alfabet (sumber: www.notonthehighstreet.com)

Wah, ternyata tahun 2018 sudah tinggal empat hari lagi ya ? Sudah banyakkah aktivitas positif dan bermanfaat yang telah berhasil Anda tunaikan pada tahun 2018 yang sebentar lagi akan kita tinggalkan ? Secara alfabetik, saya mencoba merangkai aneka kejadian yang telah terukir pada tahun 2018, baik kisah senang, prestasi, bencana, olahraga, musik, film, teknologi baru, maupun aktivitas di Kompasiana.

Asian Games 2018 patut dicatat dengan tinta emas sebagai ajang olahraga bergengsi bangsa-bangsa Asia yang ke 18, dan telah sukses diselenggarakan oleh bangsa Indonesia. Menggunakan venue dua kota Jakarta dan Palembang, berlangsung dari tanggal 18 Agustus -- 2 September 2018, kontingen Indonesia mampu mengharumkan nama Indonesia dengan menduduki peringkat ke empat klasemen pengumpulan medali, dengan 31 medali emas, 24 perak dan 43 perunggu.

Borobudur Marathon 2018 atau BoMar juga patut dicatat sebagai peristiwa olahraga lari jarak jauh terbesar. Diikuti oleh pelari nasional dan manca negara, sekaligus memperkenalkan daerah wisata Candi Borobudur dan lingkungannya yang asri, dengan pemandangannya yang luar biasa. 

Olahraga lari sekarang sudah menjadi trend kalangan menengah ke atas per kotaan, bahkan sudah banyak yang keranjingan dan berburu medali finisher ke berbagai daerah hingga luar negeri.

Canon EOS M50 kamera mirrorless terbaik bersama Fuji dan Panasonic untuk katagori kamera yang ada dipasaran untuk tahun 2018. Dengan teknologi mirrorless, pelan tapi pasti penggemar kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) mulai beralih ke jenis mirrorless.

Devil's Line, di tahun 2018, Ryo Hanada berhasil tampil sebagai pengarang manga terbaik, kisahnya bercerita mengenai seorang mahasiswi bernama Tsukasa.

Emma Maersk, kapal yang diluncurkan pada tahun 2006 ini, dan hingga kini masih beroperasi, dinyatakan sebagai kapal terbesar yang mampu mengalahkan kapal terbesar Titanic. Emma Maersk memiliki panjang 397m, jauh lebih unggul dibandingkan Titanic yang hanya memiliki panjang 269 m.

Freeport Indonesia, akhirnya 51 persen saham PT Freeport Indonesia berhasil dimiliki oleh Pemerintah Indonesia melalui PT Inalum. Setelah perjuangan yang luar biasa gigih dan memakan waktu sangat panjang dan melelahkan, dilakukan oleh para Menteri pada Kabinet Kerja, seperti Ignatius Jonan (Menteri ESDM), Sri Mulyani (Menteri Keuangan), dan Rini Soemarno (Menteri BUMN). Kegigihan Pemerintah Indonesia mengembalikan saham PT Freeport Indonesia kepangkuan Ibu Pertiwi, menurut penulis jauh lebih berat bobotnya ketimbang kehebohan menyebarkan 50 juta data pengguna Facebook di tahun yang sama.

Gerhana Bulan Terlama terjadi pada 28 Juli 2018, dengan sebutan Blood Moon. Gerhana bulan ini disebut terlama karena berlangsung selama 1 jam 43 menit. Gerhana bulan yang terjadi pada subuh dini hari di Indonesia ini, sangat dinikmati oleh para penggemar keindahan alam.

Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional, tanggal 12 Desember (12-12), menjadi hari yang luar biasa heboh. Generasi milineal asyik berbelanjan online dengan menikmati pesta diskon gila-gilaan. Bahkan pesta diskon ini sudah digaungkan dua bulan sebelumnya, mulai dari 10 Oktober (10-10) dan 11 November (11-11).

Indonesia Wheelchair Basketball, untuk pertama kalinya pada pesta olahraga Asian Para Games 2018, Oktober 2018, team bola basket kursi roda Indonesia terjun ke ajang internasional. Dibentuk oleh Donald Putra Santoso yang dengan susah payah mencari atlet cacat berbakat di seluruh pelosok tanah air, lalu berlatih di Solo dan akhirnya berlaga perdana di Jakarta. Meski hasil dari penampilan perdana ini belum maksimal, paling tidak diharapkan pada empat tahun mendatang, team bola basket kursi roda Indonesia sudah semakin bersinar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline