Lihat ke Halaman Asli

Sutiono Gunadi

TERVERIFIKASI

Blogger

Persahabatan Robot dan Manusia dalam "Bumblebee"

Diperbarui: 20 Desember 2018   08:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Poster Film Bumblebee (sumber: www.21cineplex.com)

Sudah banyak diproduksi film-film yang bertemakan robot canggih, seperti Transformers, Pacific Rims dan RoboCop. Di penghujung tahun 2018, atau tepatnya minggu ke tiga bulan Desember 2018, kembali Anda disuguhi sebuah film tentang robot canggih berjudul "Bumblebee". Meski tetap dipenuhi aksi perkelahian dan pertempuran seru antar robot, film ini memiliki daya tarik sendiri dengan mengetengahkan persahabatan yang tulus antara robot canggih dan manusia.

Kisah film ini diawali dengan pertempuran seru di planet robot canggih yang disebut Cryptonic, antara pasukan robot canggih penguasa melawan robot canggih pemberontak. Karena posisi terdesak, pimpinan robot canggih pemberontak memutuskan agar pasukannya mengundurkan diri dan keluar dari planet Cryptonic, serta bersembunyi di planet Bumi sambil menyusun kekuatan kembali.

Dua tentara robot canggih andalan yang melarikan diri, satu berhasil ditangkap dan dipaksa menunjukkan lokasi pelarian pimpinan robot canggih pemberontak, namun tetap tidak mau bicara, meski disiksa hingga dihabisi. Satu tentara robot canggih berwarna kuning berhasil selamat tiba di Bumi, meski sempat mengejutkan tentara Bumi yang sedang berlatih. Pelarian ke planet Bumi juga berhasil diketahui dan dikejar pasukan robot canggih pemburu, namun robot canggih kuning ini berhasil melepaskan diri dari pemburunya.

Sebagai kamuflase robot canggih kuning ini beralih wujud menjadi sebuah mobil VW Kodok kuning dan bersembunyi  di sebuah gudang penjualan barang bekas. Persembunyian robot canggih kuning ini akhirnya terkuak, saat seorang gadis cantik bernama Charlie Watson (diperankan oleh Hailee Steinfeld) yang sedang merayakan ulang tahun ke 18 dan sangat mengidamkan sebuah mobil, merayu dan memaksa pemilik gudang penjualan barang bekas untuk menjual mobil VW Kodok kuning pada hari ulang tahunnya.

Charlie Watson tinggal di California bersama ibu kandungnya dan adiknya, setelah ayahnya meninggal dunia karena serangan jantung. Charlie berubah tertutup dan sering mengurung diri di gudang atau garasi rumahnya, tempat dia mengutak-atik sebuah mobil bersama ayahnya semasa hidup. Beda dengan sang ibu yang langsung jatuh cinta dengan suami barunya.

Charlie yang sehari-hari bekerja sebagai karyawati sebuah warung makanan siap saji di sebuah tempat rekreasi, lalu disambung bekerja pada sebuah bengkel kapal ini, memiliki kemampuan teknik yang baik. Untuk transportasi kesehariannya, Charlie menggunakan sepeda motor tua. Itulah sebabnya dia mendapat hadiah ulang tahun sebuah helm dari ibunya dan sebuah buku cara tersenyum dari ayah tirinya. Akhirnya Charlie berhasil memiliki VW Kodok kuning penuh lebah itu dan membawanya ke rumahnya, meski tanpa minta izin terlebih dulu dari ibunya.

Saat Charlie memeriksa mobil VW Kodoknya, dia menemukan keanehan, karena mobil VW Kodok kuning itu mampu beralih wujud menjadi sebuah robot canggih. Kondisi robot canggih ini dalam keadaan terluka parah akibat perang, sehingga banyak komponen robot yang perlu diperbaiki. Secara bertahap terbentuk komunikasi antara Charlie dan robot canggih kuning, sehingga akhirnya diberi nama "Bumblebee".

Beruntunglah Bumblebee karena bertemu dengan Charlie yang memiliki passion di bidang mekanik, yang berhasil memperbaiki kerusakan robotik yang sangat parah. Ke dua insan berbeda latar belakang ini akhirnya berkomunikasi melalui sarana lagu. Ada kejadian unik, saat Bumblebee ditinggal sendirian di rumah hanya bersama seekor anjing milik keluarga Charlie. Karena ingin keluar dari garasi, akibatnya seluruh rumah hancur porak poranda.

Pasukan pemburu akhirnya berhasil menemukan kembali lokasi Bumblebee dari sinyal radio yang terpancar dari tubuh Bumblebee. Dan pasukan pemburu ini berhasil bekerja sama dengan tentara Bumi, akibat bujukan seorang ahli sains yang ambisius. Dengan dukungan tentara Bumi, pasukan pemburu robot canggih berhasil menemukan Bumblebee dan terjadilah pertempuran dahsyat.

Disamping kisah persahatan Charlie dan Bumblebee, ada kisah cinta Charlie dengan Mamo seorang pemuda pekerja warung makanan siap saji di lokasi yang sama dengan tempat Charlie bekerja. Meski sering ditolak saat diajak berkenalan, Mamo tidak putus asa dan terus mengikuti Charlie sehingga akhirnya, Charlie, Mamo dan Bumblebee menjadi team yang kompak.

Apakah Bumblebee berhasil selamat dari kejaran pasukan pemburu robot canggih ? Bagaimana akhir kisah cinta Charlie dan Mamo ? Yuk, saksikan bersama film ini yang sudah tayang di bioskop-bioskop Indonesia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline